PERAN KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN DALAM MENGINTEGRASIKAN TEKNOLOGI BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI SEKOLAH DASAR NEGERI

Authors

  • Lisa Handayani universitas widya gama mahakam samarinda
  • Esther Naomi Samosir Sekolah Dasar Negeri 007 Samarinda Ulu
  • Sutono Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Kalimantan Timur
  • Dewi Riana Sekolah Menegah Pertama Negeri 39 Samarinda Ulu
  • Septi Indrawani Turan Sekolah Dasar Negeri 008 Sungai Kunjang
  • Yudo Dwiyono Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.24903/sjp.v5i1.1813

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran penting kepemimpinan pendidikan dalam mengintegrasikan teknologi dengan kearifan lokal di sekolah dasar di Indonesia, serta mengidentifikasi tantangan dan kesenjangan akses teknologi yang ada antara wilayah perkotaan dan pedesaan, serta keterbatasan dalam pengembangan kurikulum yang memadukan kedua aspek tersebut. Dengan menerapkan metode tinjauan pustaka, studi ini mengkaji berbagai literatur untuk memahami dampak kepemimpinan pendidikan terhadap kebijakan integrasi teknologi dan permasalahan yang dihadapi. Temuan menunjukkan bahwa kepemimpinan pendidikan memainkan peran kunci dalam merumuskan kebijakan yang memadukan teknologi dengan kearifan lokal, meskipun masih terdapat kesenjangan signifikan dalam akses teknologi dan hambatan dalam pengembangan kurikulum. Rekomendasi yang diusulkan meliputi pengembangan kebijakan yang lebih inklusif, peningkatan investasi dalam infrastruktur teknologi, penyediaan pelatihan yang efektif bagi guru, serta penguatan kolaborasi dengan komunitas lokal untuk menciptakan kurikulum yang tidak hanya relevan tetapi juga mendukung pelestarian budaya lokal.

Kata Kunci : Kepemimpinan, Pendidikan, Teknologi, Kearifan Lokal, Sekolah Dasar Negeri

Published

10-08-2024 — Updated on 10-08-2024

Versions

How to Cite

Handayani, L., Naomi Samosir, E., Sutono, Riana, D., Indrawani Turan, S., & Dwiyono, Y. (2024). PERAN KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN DALAM MENGINTEGRASIKAN TEKNOLOGI BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI SEKOLAH DASAR NEGERI. SISTEMA: Jurnal Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.24903/sjp.v5i1.1813

Most read articles by the same author(s)