KEPEMIMPINAN VISIONER KEPALA SEKOLAH SEBAGAI PEMIMPIN PERUBAHAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN

Authors

  • Devita Sindy Ninthia TK Melati Putih Samarinda
  • Fajar Eriza Rikasari KB/TK Al Azhar 46 Samarinda
  • Nurhayati Aida SMP Islam Bunga Bangsa Samarinda
  • Riska Riani TK Ibnu Sina Samarinda
  • Yudo Dwiyono Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.24903/sjp.v4i2.1815

Abstract

Pendidikan merupakan kunci utama untuk membuka wawasan dunia dan mencapai kebebasan, seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi. Perubahan signifikan yang dialami lembaga pendidikan baru-baru ini adalah hasil dari adaptasi terhadap kemajuan teknologi dan modernisasi masyarakat. Institusi pendidikan yang tidak mampu beradaptasi dengan perkembangan ini berisiko tertinggal. Dalam konteks ini, peran kepemimpinan dalam pendidikan menjadi semakin penting. Kepemimpinan pendidikan melibatkan pengembangan potensi individu dan komunitas sekolah untuk mencapai tujuan pendidikan yang lebih tinggi. Kepala sekolah, sebagai pemimpin, memainkan peran krusial dalam memandu proses ini. Penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan visioner seorang kepala sekolah berdampak langsung terhadap mutu pendidikan dengan memberikan arahan yang jelas kepada guru sehingga meningkatkan kinerja dan produktivitas. Penelitian ini menekankan pentingnya strategi kepemimpinan visioner untuk meningkatkan mutu pendidikan dan menguraikan perubahan positif yang terjadi seiring dengan peningkatan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode perpustakaan dengan mengumpulkan sumber referensi terkait masalah yang diteliti. Data yang diperoleh dianalisis dengan memahami dan mengambil materi dasar hingga aspek-aspek penting Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan kualitas pendidikan bergantung pada kepemimpinan kepala sekolah yang visioner. Pemimpin sekolah yang visioner dapat merancang dan menerapkan perubahan strategis, meningkatkan kinerja sekolah dan guru, serta menghadapi tantangan pendidikan melalui inovasi. Hal ini menumbuhkan partisipasi aktif komunitas sekolah, sehingga sekolah mencapai standar kualitas pendidikan yang lebih tinggi dan berpengaruh positif pada prestasi akademik siswa.

 

Kata Kunci : Kepemimpinan, Visioner, Perubahan, Mutu Pendidikan

Published

04-12-2023 — Updated on 13-08-2024

Versions

How to Cite

Sindy Ninthia, D., Eriza Rikasari, F., Aida, N., Riani, R., & Yudo Dwiyono. (2024). KEPEMIMPINAN VISIONER KEPALA SEKOLAH SEBAGAI PEMIMPIN PERUBAHAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN. SISTEMA: Jurnal Pendidikan, 4(2), 74–83. https://doi.org/10.24903/sjp.v4i2.1815 (Original work published December 4, 2023)