PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TEMA MERAWAT HEWAN DAN TUMBUHAN MATERI OPERASI HITUNG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN MENGGUNAKAN TEORI BRUNER
DOI:
https://doi.org/10.24903/pm.v6i1.1069Abstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatan hasil belajar matematika tema merawat hewan dan tumbuhan materi operasi hitung perkalian dan pembagian dengan menggunakan teori bruner pada siswa kelas II. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa II A SDN 001 Samarinda Ilir yang berjumlah sebanyak 26 siswa. Prosedur penelitian ini yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen dalam penelitian ini yaitu rubrik observasi dan soal tes. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yang dilakukan dengan beberapa cara, yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Untuk menganalisis tingkat keberhasilan siswa setelah proses belajar mengajar setiap siklus dilakukan dengan cara memberikan evaluasi berupa soal tes tertulis setiap akhir siklus. Analisis hasil evaluasi dapat dilihat dari data nilai rata-rata dan presentase. Pelaksanaan penelitian dengan menggunakan pembelajaran kooperatif model teori bruner dikatakan berhasil jika mayoritas siswa memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan 70. Hasil dari penelitian ini bahwa terjadi peningkatan, hal tersebut dapat dilihat pada persentase ketuntasan belajar siswa pada nilai awal 50,00% dengan nilai rata-rata siswa 68,46 kemudian meningkat di siklus 1 menjadi 69,21% dengan nilai rata rata71,69 dan mengalami peningkatan kembali pada siklus 2 mencapai 96,15% dengan rata-rata nilai mencapai 87,98.