ANALISIS PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN SISWA KELAS VD DI SDN 012 SAMARINDA UTARA

Authors

  • Euis Kusumarini Universitas Widya Gama Mahakan Samarinda
  • Eka Selvi Handayani Universitas Widya Gama Mahakan Samarinda
  • Andi Maya Andriani Universitas Widya Gama Mahakan Samarinda

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilatar belakangi dengan adanya tingkat pemahaman siswa melalui pembelajaran online. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran online terhadap tingkat pemahaman siswa kelas VD SDN 012 Samarinda Utara. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumen. Adapun pengecekan keabsahan data dengan triangulasi sumber.

Berdasarkan hasil penelitian mengenai Analisis Pembelajaran Online Terhadap Tingkat Pemahaman Siswa Pada Kelas VD SDN 012 Samarinda Utara maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran online telah dilakukan dengan menggunakan via whatsapp dan dengan mengirim pesan Short Message Service (SMS) apabila siswa tidak memiliki handphone android. Namun ada beberapa kendala yang dapat mempengaruhi tingkat pemahaman siswa yaitu, fasilitas yg kurang mendukung seperti handphone android dan kuota, keaktifan dalam bertanya kurang, keaktifan belajar kurang dan keaktifan dalam mengerjakan tugas kurang.

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Euis Kusumarini, Eka Selvi Handayani, & Andi Maya Andriani. (2022). ANALISIS PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN SISWA KELAS VD DI SDN 012 SAMARINDA UTARA . Pendas Mahakam : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(2), 209–216. Retrieved from https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/1173

Issue

Section

Articles