PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 4-6 TAHUN

Indonesia

Authors

  • Rizqi Syafrina a:1:{s:5:"en_US";s:40:"Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda";}

DOI:

https://doi.org/10.24903/pm.v7i2.1164

Abstract

Perkembangan Bahasa adalah salah satu perkembangan yang dapat dilihat dengan baik setiap tahapan perkembangannya. Anak dapat mempelajari perkembangan Bahasa dengan meniru dari orang-orang di sekitarnya (Ormrod, 2009). Disini dapat diketahui jika semain banyak anak mendengar, semakin banyak perbendaharaan kata yang dimiliki oleh anak. Walaupun pada keadaan di lapangan, ada beberapa anak hanya sebatas meniru tanpa mengetahui makna kata yang ditiru. Sebaliknya jika anak jarang melakukan interaksi dengan orang lain atau kurang mendengar baik itu melalui media seperti televisi, handphone dan media lainnya. Perbendaharaan anak yang dimiliki anak akan terbatas. Saat ini banyak keluhan dari orangtua mengenai anak yang cenderung pasif karena berbicara karena lebih cenderung menggunakan gadget, baik itu untuk menonton maupun bermain game. Orangtua mengatakan jika saat mereka beraktivitas, anak akan cenderung lebih tenang jika diberi gadget. Orangtua merasakan terbantu saat mereka beraktivitas dan anak tidak menganggu orangtua. Anak akan sibuk bermain dengan gadget yang diberikan orangtua. Hal ini sesuai yang diungkapkan Novianti dan Garzia (2020) dimana gadget bisa menjadi masalah besar karena saat orangtua sibuk bekerja, orangtua menganggap saat mereka tidak menemani, anak-anak yang bermain gadget tidak kesepian. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan gadget terhadap perkembangan Bahasa anak usia 4-6 tahun. Subjek peneltian ini adalah orangtua yang memiliki anak usia 4-6 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik statistic yang digunakan untuk menguji hipotesis pada penelitian yaitu teknik korelasi product moment dengan Pearson. Dimana hasil penelitian menunjukkan hipotesis ditolak. Tidak ada hubungan yang signifikan antara penggunaan gadget dan perkembangan Bahasa anak usia empat sampai 6 tahun (p = 0.151).

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Syafrina, R. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 4-6 TAHUN: Indonesia. Pendas Mahakam : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(2), 95–100. https://doi.org/10.24903/pm.v7i2.1164

Issue

Section

Articles