Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Jurusan Tata Busana Kelas XI Tata Busana di SMKN 1 Gegerbitung
DOI:
https://doi.org/10.24903/pm.v7i2.1168Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pembuatan Busana Industri. Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian kuantitatif dengan melakukan pendekatan korelasional. Lokasi pada penelitian ini yaitu dilaksanakan di sekolah SMKN 1 Gegerbitung. Populasi yakni semua siswa kelas XI jurusan tata busana dengan berjumlah 33 orang. Sampel menggunakan (total sampling) sehingga sampel sebanyak 33 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Observasi , 2) Dokumentasi, 3) Kuesioner. Hasil penelitian ini menampilkan kalau fasilitas belajar serta motivasi belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pembuatan busana industri di SMKN 1 Gegerbitung. Perihal ini dibuktikan dengan variabel fasilitas belajar mendapatkan nilai sebesar thitung 2,681 serta motivasi belajar mendapatkan nilai sebesar 3,162 thitung lebih besar dari nilai ttabel 2,042. Tidak hanya itu, nilai signifikansi variabel fasilitas belajar 0, 012 serta motivasi belajar 0, 000, yang berarti fasilitas belajar serta motivasi belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran pembuatan busana industri pada siswa kelas XI tata busana di SMKN 1 Gegerbitung.
Kata kunci : Fasilitas Belajar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar