PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA MELALUI METODE ACM (AKU CEPAT MEMBACA) UPT SPF SD INPRES MANGGALA KOTA MAKASSAR

Authors

  • Septianingsih Septianingsih Universitas Megarezky
  • Nurhadifah Amaliyah Universitas Megarezky
  • Syamsul Alam Universitas Megarezky
  • Muh Khaedar Universitas Megarezky

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca siswa melalui penerapan metode ACM (Aku Cepat Membaca). Penelitian ini merupakan penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Penelitian bertempat di UPT SPF SD Inpres Manggala Kota Makassar. Adapun subjek penelitian yaitu guru dan siswa kelas IIB yang berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data menggunakan format observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan dalam pembelajaran baik pada aktivitas guru dan aktivitas belajar siswa, dapat dilihat pada nilai rata-rata yang dihasilkan pada siklus I yaitu 77 dan siklus II menjadi 83. Selain itu hasil observasi mengajar guru dan aktivitas belajar siswa pada siklus I yang dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan, pertemuan I berada pada kategori cukup (C), pada pertemuan II dan pertemuan III dalam kategori baik (B). Sedangkan aktivitas Observasi yang dilakukan pada siklus II dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan, pada pertemuan  I dan pertemuan II dalam kategori baik (B), pada pertemuan III dalam kategori sangat baik (SB). Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan metode ACM dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas IIB UPT SPF SD Inpres Manggala Kota Makassar

Kata kunci: Metode ACM; Keterampilan Membaca

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Septianingsih, S., Amaliyah, N., Alam, S., & Khaedar, M. (2023). PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA MELALUI METODE ACM (AKU CEPAT MEMBACA) UPT SPF SD INPRES MANGGALA KOTA MAKASSAR. Pendas Mahakam : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(2), 93–99. Retrieved from https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/1395

Issue

Section

Articles