Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Inpres 006 Sodangan Kabupaten Mamasa

Authors

  • Sri Dewi Cahyani Universitas Megaresky
  • Syamsul Alam Universitas Megarezky
  • Waddi Fatimah Universitas Megarezky
  • Muh Khaedar Universitas Megarezky

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar siswa kelas IV SD Inpres 006 Sodangan Kabupaten Mamasa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 20 orang yang terdiri dari 8 laki-laki dan 12 perempuan. Adapun teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan sampling jenuh dan instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan menggunakan program bantuan komputer SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar mendapat nilai rata-rata 2,9 yang berarti terlaksana dengan baik dan hasil dari uji hipotesis 0,000 dengan kriteria Sig (0,000) ≤ α (0,05). Dapat disimpulkan hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres 006 Sodangan Kabupaten Mamasa.
Kata kunci: Pemanfaatan lingkungan sekolah, sumber belajar, hasil belajar

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Cahyani, S. D., Alam, S., Fatimah, W., & Khaedar, M. (2024). Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Inpres 006 Sodangan Kabupaten Mamasa. Pendas Mahakam : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 9(1), 77–84. Retrieved from https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/1424

Issue

Section

Articles