ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTs) KELAS IV C DI SDN 012 SAMARINDA ULU

Authors

  • Afdal Afdal Universitas Widya Gama Mahakan Samarinda
  • Hakimah Husnul Hotimah Universitas Widya Gama Mahakan Samarinda
  • Nurdin Arifin Universitas Widya Gama Mahakan Samarinda
  • Tri Cahyo Nugroho Universitas Handayani Makassar
  • Andi Muhdar Universitas Lamappapoleonro Soppeng Sulawesi Selatan

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan guna mengetahui deskripsi keahlian penyelesaian soal matematika dalam menuntaskan soal HOTs pada peserta didik kelas IVC di SD Negeri 012 Samarinda Ulu. Penelitian ini  masuk dalam kategori penelitian deskriftif berbasis pendekatan kualitatif. Penelitian ini mengambil subjek peserta didik kelas  IVC di SD Negeri 012 Samarinda yang totalnya 6 peserta didik, meliputi 2 peserta didik yang memiliki keahlian tinggi, 2 peserta didik yang meliki keahlian sedang serta 2 peserta didik yang memiliki keahlian rendah. Penelitian memakai penilaian akhir ujian soal HOTs serta pendataan dari wawancara guna menguatkan respon subjek terhadap hasil ujian soal sebelumnya. Kemudian data yang diperoleh, dilakukan analisis berprinsipkan pada 4 aktivitas pemecahan dari persoalan pada langkah polya. Penelitian ini menghasilkan sebagai berikut: (1) Subjek yang berkeahlian tinggi dapat menuntaskan ujian soal HOTs di seluruh aktivitas pada penyelesaian persoalan berlandaskan langkah polya. (2) Subjek yang berkeahlian sedang dapat menuntaskan aktivitas pemahaman soal, merencanakan rancangan, serta melakukan rancangannya dalam menuntaskan ujian soal HOTs, tetapi kurang pada aktivitas memeriksa ulang. (3) subjek berkeahlian rendah dapat menuntaskan aktivitas pemahaman soal, tetapi kurang kurang saat aktivitas merencanakan rancangan, melakukan rancangannya serta memeriksa ulang.

Kata Kunci:  Pemecahan Masalah Matematika, Soal HOTs, Langkah Polya.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Afdal, A., Hotimah, H. H., Arifin, N., Nugroho, T. C., & Muhdar, A. (2023). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTs) KELAS IV C DI SDN 012 SAMARINDA ULU. Pendas Mahakam : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(2), 170–181. Retrieved from https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/1510

Issue

Section

Articles