ANALISIS PENILAIAAN GURU YANG BERORIENTASI PADA TANGGGUNG JAWAB SISWA DALAM PEMBELAJARAN
DOI:
https://doi.org/10.24903/pm.v7i1.1043Abstract
Penilaiaan merupakan kunci utama dari proses pembelajaran. Penilaiaan yang tepat akan menghasilkan nilai yang valid dan bermakna bagi siswa. Pembelajaran langsung dan tidak langsung di SDN 001 Samarinda utara dalam proses penilaiaannya mengacu pada sikap tanggung jawab belajar yang dimiliki oleh siswa. Tujuan penelitian ini yakni menganalisis penilaiaan guru yang berorientasi kepada tanggung jawab belajar siswa di SDN 001 Samarinda Utara Tahun pembelajaran 2021-2022. Tanggung jawab yang dimaksudkan dalam penelitian ini yakni sikap siswa dalam merespon pembelajaran, pengumpulan tugas dan mengikuti ulangan sesuai instruksi guru kelas. Metode penelitian yang digunakan yakni kualitatif deskriptif. Menganalisis cara guru dalam memberikan penilaiaan kepada siswa berdasarkan tanggung jawab yang dimiliki oleh siswa saat mengikuti pembelajaran di kelas.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan dengan waktu yang terbatas pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Penilaiaan guru melalui indikator tanggung jawab dilihat dari 4 aspek yakni siswa mengerjakan tugas yang diperintahkan oleh guru, siswa menerima sangsi jika melanggar aturan, siswa tidak melakukan perbuatan yang melanggar aturan dan siswa meaksanakan perintah atau instruksi yang diberikan oleh guru. Dengan adanya 4 indikator ini maka guru dapat memberikan penilaiaan dalam proses pembelajaran secara efektif dan efisien