ANALISIS PELAKSANAAN KEGIATAN PRAMUKA DI SD NEGERI 004 SAMARINDA UTARA TAHUN 2019

Afdal Afdal* -  Widya Gama Mahakam Samarinda University, Indonesia
Heri Widodo -  Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda, Indonesia
Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan kegiatan pramuka di SD Negeri 004 Samarinda Utara Tahun 2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dan teknik yang digunakan adalah snowball sampling dan subjek penelitian ini meliputi kepala sekolah, dua pembina pramuka dan anggota pramuka, sedangkan objek penelitian adalah pelaksanan kegiatan pramuka di SDN 004 Samarinda Utara. Teknik yang digunakan dalam triangulasi ini adalah triangulasi sumber yatu menggunakan banyak sumber untuk satu data dengan membandingkan antara hasil wawancara dengan data yang ada pada dokumen observasi. Dilakukan konsultasi dengan kepala sekolah dan dua pembina pramuka yang akan melaksanakan kegiatan pramuka di lokasi penelitian. Keabsahan data penelitian ini didapatkan dari proses membandingkan hasil wawancara dengan observasi dan dokumentasi.  Berdasarkan hasil analisis data penelitian, maka dimperoleh penemuan berikut: (1) sekolah sudah mempersiapkan program tersruktur sebelum melakukan kegiatan pramuka, mempersiapkan sarana prasarana, dan sekolah menyediakan dana dari Bantuan Operasional Sekolah (BOS). (2) dalam pelaksanaan kegiatan pramuka, pembina pramuka menyiapkan rencana kegiatan pramuka sesuai dengan buku Syarat-syarat Kecakapan Umum ( SKU) Pramuka.
  1. Afrizal, (2016). Metode Penelitian Kualitatif (cetakan ke III). Jakarta : Raja Grafindo Persada.
  2. Angrini, Dina (2017) kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Menerapkan Karakter Tanggung JawabDi SD Negeri NO.64/I Muara Buliantahun pembelajaran 2016/2017.
  3. Depdikbud. (1985). Buku Petunjuk Pelaksaan Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud.
  4. Elfachmi, (2016). Pengantar Pendidikan. Erlangga.
  5. Ernawati, Erni (2018).Analisis Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Kepramukaan Di SDN 55/I Sridadi Tahun Pembelajaran 2017/2018
  6. Jayanti. Buku Lengap Pramuka.Media Ilmu Abadi.
  7. Joko Utomo, (2014), Pelaksanaan Extrakulikuler pramukadi SD Wates. yogyakarta
  8. Kh. Ahmad Dahlan dan Nyi Hj. Ahmad Dahlan. (2008), Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar 2008. Purwokerto:Lemdika Gerakan Pramuka.
  9. Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. (2011). Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat dasar. Jakarta: Kwartir Nasional Gerakan Pramuka
  10. Nasruddin (2018). Buku Komplit Pramuka (cetakan Pertama). Yogyakarta: CV. Briliant.
  11. Peraturan Menterti Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No 63 Tahun 2014 tentang pendidikan kepramukaan.
  12. Sugiyono, (2015). Metode Penelitian Pendidikan (cetakan ke- 21). Bandung: Alfabeta.
  13. Sunardi, (2013). Boyman Ragam Latih Pramuka ( cetakan ke VIII). Bandung: Nuansa Muda.
  14. Sugiyono, (2018). Metode Penelitian Pendidikan (cetakan ke- 27). Bandung: Alfabeta
  15. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  16. Team DAP. Buku Pintar Pramuka. Jakarta: DAP Jakarta.
  17. Tim Editor KMD (2011). Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar. Jakarta: Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.
  18. Undang Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka.
  19. Undang-Undang RI Nomor 2 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2020-01-13
Published: 2020-01-13
Section: Articles
Article Statistics: