KAJIAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN KIMIA MENGGUNAKAN VIRTUAL LAB
Abstract
Ilmu kimia dalam pembelajarannya membutuhkan metode yang bersifat eksperimental sehingga membutuhkan kegiatan praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar siswa dengan penggunaan software virtual lab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan dari 23 siswa kelas XI keperawatan SMK Kesehatan Jamiatul Muttaqin Samarinda dan 1 guru mata pelajaran kimia. Variabel yang diukur adalah motivasi belajar siswa, data tersebut dikumpulkan dari hasil angket dan wawancara pada siswa dan guru. Hasil penelitian yang diperoleh adalah motivasi belajar kimia siswa dengan penggunaan software virtual lab pada praktikum titrasi asam dan basa dapat dikategorikan Tinggi dengan skor rata-rata 73,28 %. Software Virtual lab dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan dapat menjadi alternatif bagi sekolah yang tidak memiliki laboratorium kimia.
References
Arsyad.2002.Media Pembelajaran.Rajawali Pers.Jakarta
Emzir. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Raja grafindo.Jakarta
Hamzah B.Uno.2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di bidang Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta
Jose, M.R.M., Manuel, M., Rafael, R. A., Marcedez, R.M .2013. Preparing the Students for the Laboratory by Means of Virtual Labs. Journal of Laboratory Chemical Education .1(2), 19 – 24.
Pakhrur Razi.2013.Hubungan Motivasi dengan Kinerja Ilmiah Siswa dalam Pembelajaran Fisika Menggunakan Virtual Laboratory di Kelas X SMAN Kota Padang.Jurnal Teknologi Informasi & Pendidikan. 6(2), 119-124
Soni, Shweta & Katkar, M.D. 2014. Survey Paper on Virtual Lab for E-Learners. International Journal of Application or Innovation in Engineering et Management (IJAIEM). 3(1), 108-110
Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. PT. Tarsito. Bandung
Tuysuz, Cengiz. 2010. The Effect of Virtual Laboratory on Student Achievement and Attitude in Chemistry. International Online Journal of Educational Sciences. 2 (1), 37-53.