Main Article Content

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi untuk mengetahui pelaksanaan keterampilan mengukur pada keterampilan proses sains dalam pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan keterampilan proses sains pada materi suhu dan kalor melalui aspek keterampilan mengukur dalam pembelajaran daring oleh siswa di SDN 015 Samarinda Ulu. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, subjek penelitian ini adalah guru wali kelas V di SDN 015 SamarindaUlusebagaiguruyangmelaksanakanpembelajaranmengenaiketerampilanmengukur,siswa kelas V yang mengikuti pembelajaran daring mengenai keterampilan mengukur, serta orang tua siswa kelas V yang mendampingi siswa di rumah selama melaksanakan pembelajaran daring. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi kemudian data dianalisis menggunakan teknik pegumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penerikan kesimpulan. Jenis triangulasi yang digunakan adalah triangulasisumber.


Hasil penelitian mengenai analisis keterampilan mengukur dalam pembelajaran daring siswa kelas V di SDN 015 Samarinda Ulu tahun pembelajaran 2020/2021 dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan keterampilan mengukur yang dilaksanakan oleh guru wali kelas yakni dengan cara memberikan materi pembelajaran melalui aplikasi WhatApp dengan menyebarkan link video pembelajaran. Guru dan orang tua juga memiliki upaya yang dilakukan agar siswa selalu mengerjakan tugasmengenaipengukuranantaralaindenganselalumengingatkankepadasiswamengenaitugasyang telah diberikan guru, serta orang tua akan membantu anak mereka apabila mengalami kesulitan dalam melakukantugasdanmemberikansemangatkepadasiswadalammelakukantugasataupunmengerjakan tugas.Adapuntahap-tahappelaksanaanpembelajaranmengenaipengukuranyaituguruwalikelasakan memberikan penjelasan singkat mengenai proses pelaksanaan pembelajaran tentang pengukuran dan media praktikum yang akan digunakan sehingga siswa dapat langsung melakukan praktikum di rumah dengan dampingan orang tua, dan untuk melihat hasil praktikum siswa guru memberikan tugas kepada siswa berkaitan dengan hasil praktikum. Guru akan memberikan waktu tiga hari atau paling lambat setidaknya satu minggu bagi siswa untuk menyelesaikan tugas praktikum yang telah diberikan, kemudian untuk pengumpulan tugas setelah melakukan praktikum, siswa dapat mengumpulkannya melelui aplikasi whatsapp berupa foto praktikum serta tugas pengukuranwaktu.

Article Details

How to Cite
IkhsanM. (2021). ANALISIS KETERAMPILAN MENGUKUR DALAM PEMBELAJARAN DARING SISWA KELAS V DI SDN 015 SAMARINDA ULU TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021. PENDAS MAHAKAM: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar , 6(1), 42-48. Retrieved from https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/815