ANALISIS PERMASALAHAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN PEMBUATAN LKS PADA KURIKULUM 2013 YANG TERJADI PADA GURU KIMIA SMA DI KOTA SAMARINDA
DOI:
https://doi.org/10.24903/pm.v4i1.261Abstract
Analisis permasalahan media pembelajaran dan pembuatan LKS yang terjadi pada guru kimia SMA di kota Samarinda. Metode penelitian secara kualitatif diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi subjek dalam penelitian adalah 3 guru sebagai informan dan 3 responden. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa permasalahan yang dihadapi guru kimia dalam membuat Media Pembelajaran kimia dengan pendekatan inkuiri yaitu, keterbatasan teknologi, belum optimal dalam merelevansikan media dengan kondisi kelas. Membutuhkan waktu lama dalam membuat media. Kesulitan dalam memvisualisasikan materi-materi abstark kimia. Permasalahan yang dihadapi guru dalam membuat LKS yaitu, kesulitan dalam membuat soal-soal yang kreatif, kesulitan dalam mengakomodir kontent dengan keadaan lapangan antara mains on dengan hand on, imajinasi, lebih bisa mengkontruksi konsepReferences
Asmani, Jamal M. 2011. Penelitian Pendidikan. Jogjakarta: Diva Press
Emzir. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rajagrrafindo
_____________.2012. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter disekolah. Jogjakarta: Diva Press
Lickona, T.. 2013. Educating for Caracter. Jakarta :Bumiaksara, RemajaRosdakarya,
Moelong, L. J..2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda
Mukhtar. Metode Praktis Penelitian Kualitatif. Jakarta: Referensi
Munandar,U.. 1999. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: RinekaCipta
_________ . 2011. Penilaian Berbasis Kelas dan Kompetensi. Malang :RefikaAditama
:SinarBaruAlgensindo
Suparlan. 2009. Tanya Jawab Pengembangan Kurikulum dan Materi Pembelajaran. Jakarta: Bumiaksara
Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Tarsito