Analisis Peran Pembina Pramuka Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar
Abstract
Berdasarkan observasi yang telah dilakukan, peneliti menemukan bahwa masih banyak peserta didik yang memiliki sifat yang kurang baik. Banyak peristiwa yang menunjukkan karakter siswa yang kurang baik di lingkungan sekolah, misalnya siswa suka mengganggu temannya saat belajar, tidak bertanggung jawab dengan ucapannya kepada teman, tidak disiplin dan mandiri, dan kurangnya pengetahuan tentang pentingnya kebersihan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peran pembina pramuka dalam membnetuk karakter peserta didik di SDN 004 Samarinda Utara, khususnya disiplin tanggung jawab dan kemandirian siswa melalui kegiatan kepramukaan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, adapun subjek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, pembina pramuka, serta peserta didik kelas tinggi yang mengikuti kegiatan pramuka. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah Pembina pramuka telah melakukan tugasnya dengan baik, selain mandiri dan disiplin juga sebagai motivator, pendamping, teladan, fasilitator, informator, dan pengganti orang tua bagi peserta didik. Luaran yang ditargetkan adalah Jurnal Nasional Sinta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.