Analisis Peran Pembina Pramuka Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar

Authors

  • Afdal Afdal Universitas widya gama mahakam samarinda
  • Eko Kurniawanto Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • Wendi Linus Bilung Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda

Abstract

Berdasarkan observasi yang telah dilakukan, peneliti menemukan bahwa masih banyak peserta didik yang memiliki sifat yang kurang baik. Banyak peristiwa yang menunjukkan karakter siswa yang kurang baik di lingkungan sekolah, misalnya siswa suka mengganggu temannya saat belajar, tidak bertanggung jawab dengan ucapannya kepada teman, tidak disiplin dan mandiri,  dan kurangnya pengetahuan tentang pentingnya kebersihan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peran pembina pramuka dalam membnetuk karakter peserta didik di SDN 004 Samarinda Utara, khususnya disiplin tanggung jawab dan kemandirian siswa melalui kegiatan kepramukaan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, adapun subjek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, pembina pramuka, serta peserta didik kelas tinggi yang mengikuti kegiatan pramuka. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah Pembina pramuka telah melakukan tugasnya dengan baik, selain mandiri dan disiplin juga sebagai motivator, pendamping, teladan, fasilitator, informator, dan pengganti orang tua bagi peserta didik. Luaran yang ditargetkan adalah Jurnal Nasional Sinta.

 

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Afdal, A., Kurniawanto, E., & Bilung, W. L. (2024). Analisis Peran Pembina Pramuka Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar. Pendas Mahakam : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 9(1), 64–70. Retrieved from https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/1653

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)