UPAYA GURU SD DALAM MENGATASI LEARNING LOSS DI MASA NORMAL MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STEM

Authors

  • Yunni Arnidha Universitas Muhammadiyah Pringsewu
  • Santi Hendayani Universitas Muhammadiyah Pringsewu
  • Delvia Putri Nata Universitas Muhammadiyah Pringsewu

Abstract

Learning loss merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut terjadinya kemunduran proses akademik yang disebabkan oleh Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kondisi belajar pasca pembelajaran daring dan upaya yang dilakukan guru kelas VI dalam mengatasi learning loss menggunakan model pembelajaran STEM. Jenis penelitian ini dirancang dalam penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil analisis data yang diperoleh dari penelitian ini adalah terdapat persoalan yang ditemukan pasca pembelajaran daring seperti menurunnya keterampilan akademis literasi dan numerasi, dan kemunduran akademik yang ditandai dengan menurunnya semangat belajar peserta didik. Upaya yang dilakukan guru mengajar menggunakan model pembelajaran STEM berhasil mengatasi learning loss. Hal ini dilihat dari langkah-langkah pembelajaran STEM yang dapat melatih peserta didik berkomunikasi, berkolaborasi, berfikir kritis dan menyelesaikan masalah, serta melatih kreativitas dan inovasi peserta didik. Selain itu model pembelajaran STEM juga dapat meningkatkan literasi sains dan literasi digital peserta didik.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Arnidha, Y., Hendayani, S., & Nata, D. P. (2023). UPAYA GURU SD DALAM MENGATASI LEARNING LOSS DI MASA NORMAL MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STEM. Pendas Mahakam : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(2), 112–118. Retrieved from https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/1570

Issue

Section

Articles