Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Konsep Dasar Pecahan di SDN 2 Banding Agung

Authors

  • Laila Maulida Ma’ruf Universitas Muhammadiyah Pringsewu
  • Yunni Arnidha Universitas Muhammadiyah Pringsewu
  • Rahman Cahyadi Universitas Muhammadiyah Pringsewu

Abstract

Di tengah tantangan pembelajaran matematika, terutama pada konsep dasar pecahan yang seringkali dianggap sulit oleh siswa, media pembelajaran video animasi menjanjikan sebuah solusi. SD Negeri 2 Banding Agung, yang menghadapi rendahnya hasil belajar dalam konsep ini, memutuskan untuk mengimplementasikan pendekatan baru melalui penggunaan video animasi. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengukur efektivitas media ini dalam meningkatkan pemahaman siswa. enelitian bersifat kuantitatif eksperimen dengan menggunakan desain Quasi Experimental, khususnya The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Instrumen yang digunakan adalah tes dalam bentuk soal esai yang telah melalui validasi untuk memastikan reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda yang adekuat. Proses analisis meliputi uji homogenitas, normalitas, dan terutama uji hipotesis untuk menentukan pengaruh signifikan dari penggunaan media. Hasil dari uji hipotesis menunjukkan nilai t-hitung yang signifikan, yaitu 9.41, yang jauh melampaui t-tabel baik untuk uji dua pihak (2.06) maupun satu pihak (1.71), mengonfirmasi dua hal: pertama, penggunaan video animasi berdampak positif pada hasil belajar konsep dasar pecahan; kedua, hasil belajar siswa yang menggunakan video animasi jauh lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidak menggunakan media ini. esimpulan ini menggarisbawahi pentingnya integrasi teknologi dalam pendidikan, khususnya dalam mengajar materi yang kompleks. Video animasi, dengan kombinasi visual yang menarik dan penyampaian konten yang dinamis, terbukti tidak hanya meningkatkan keefektifan pembelajaran tetapi juga memotivasi siswa untuk terlibat lebih dalam. Pelajaran yang bisa diambil adalah bahwa inovasi dalam pendekatan pengajaran—dalam hal ini melalui video animasi—bisa menjadi kunci untuk mengatasi hambatan belajar yang dihadapi sisda dalam konsep matematika yang fundamental namun krusial.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Ma’ruf, L. M., Arnidha, Y., & Cahyadi, R. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Konsep Dasar Pecahan di SDN 2 Banding Agung. Pendas Mahakam : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 9(1), 71–76. Retrieved from https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/1743

Issue

Section

Articles