Transformasi Manajemen Sekolah melalui Supervisi Manajerial
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana supervisi manajerial terhadap guru dan kepala sekolah dilakukan di sekolah dari jenjang PAUD, SD, SMP, dan SMA/SMK. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif yang dikombinasikan dengan pendekatan studi tinjauan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengawasan sekolah sangat penting untuk meningkatkan kapasitas personil dan manajemen sekolah. Supervisor berperan dalam: (1) membantu perencanaan dan penyediaan sumber daya; (2) mengevaluasi kinerja dan kebutuhan guru; (3) mendukung lingkungan kerja sama yang positif; dan (4) melaporkan kemajuan guru. Supervisi manajerial yang baik sangat penting untuk peningkatan kinerja guru dan kepala sekolah. Penelitian ini menegaskan bahwa peran supervisor dalam perencanaan, evaluasi, dukungan, dan pelaporan kemajuan guru sangat krusial dalam mencapai tujuan pendidikan yang diinginkan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas Mahakam: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.