Transformasi Manajemen Sekolah melalui Supervisi Manajerial

Authors

  • Muhammad Rohim Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Muchammad Eka Mahmud Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Akhmad Muadin Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana supervisi manajerial terhadap guru dan kepala sekolah dilakukan di sekolah dari jenjang PAUD, SD, SMP, dan SMA/SMK. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif yang dikombinasikan dengan pendekatan studi tinjauan.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengawasan sekolah sangat penting untuk meningkatkan kapasitas personil dan manajemen sekolah. Supervisor berperan dalam: (1) membantu perencanaan dan penyediaan sumber daya; (2) mengevaluasi kinerja dan kebutuhan guru; (3) mendukung lingkungan kerja sama yang positif; dan (4) melaporkan kemajuan guru. Supervisi manajerial yang baik sangat penting untuk peningkatan kinerja guru dan kepala sekolah. Penelitian ini menegaskan bahwa peran supervisor dalam perencanaan, evaluasi, dukungan, dan pelaporan kemajuan guru sangat krusial dalam mencapai tujuan pendidikan yang diinginkan.

Downloads

Published

2024-05-21

How to Cite

Rohim, M., Mahmud, M. E., & Muadin, A. (2024). Transformasi Manajemen Sekolah melalui Supervisi Manajerial. Pendas Mahakam : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 9(1), 14–21. Retrieved from https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/1676

Issue

Section

Articles