PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI MODEL PENDEKATAN HUMANISTIK, SUBJEK AKADEMIK DAN REKONSTRUKSI SOSIAL

Authors

  • Muhammad Rohim Universitas Islam Negeri Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Sudadi Sudadi Universitas Islam Negeri Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Akhmad Muadin Universitas Islam Negeri Aji Muhammad Idris Samarinda

Abstract

Perubahan kurikulum dilakukan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran, maka sangat penting dapat memahami dasar-dasar pengembangan kurikulum supaya dapat dijadikan pedoman pembelajaran pengajaran agama Islam sehingga perlu me-redesign kurikulum ke dalam struktur yang harmonis. Penelitian ini memanfaatkan studi kepustakaan, yang berarti mengumpulkan data dengan menekuni teori dari bermacam literatur terkait. Model Pendekatan kurikulum subjek akademik menggunakan pendekatan kurikulum yang lebih menitik beratkan terhadap aspek-aspek tertentu dari mata pelajaran atau materi. Sedangkan model konsep kurikulum humanistik lebih mencermati aspek manusia. Model Konsep kurikulum rekonstruksi sosial berfokus pada memecahkan kasus sosial di warga. Implementasi pendekatan subjek akademik, humanistik, dan rekonstruksi sosial dalam kemajuan serta pengembangan mutu Pendidikan Agama Islam bertujuan agar tercapainya pemahaman pendidikan agama Islam yang ideal dan secara komprehensif dalam mengembangkan bakat dan minat bagi siswa.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Rohim, M., Sudadi, S., & Muadin, A. (2023). PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI MODEL PENDEKATAN HUMANISTIK, SUBJEK AKADEMIK DAN REKONSTRUKSI SOSIAL. Pendas Mahakam : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(2), 202–208. Retrieved from https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/1582

Issue

Section

Articles