PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SEKOLAH

Authors

  • Suharman Suharman a:1:{s:5:"en_US";s:15:"UINSI Samarinda";}
  • Nonok Widyanto UINSI Samarinda
  • M Eka Mahmud UINSI Samarinda
  • Sudadi Sudadi UINSI Samarinda

Abstract

Jenis penelitian yang dilakukan pada penelitian kali ini , merupakan jenis penelitian deskriftif kualitatif. Adapaun subyek dalam penelitaian ini adalah kepala sekolah, guru, dan pembina pramuka SDN 008 Loa Janan Ilir. Di dalam teknis penelitian dan pengumpulan data peneliti melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi secara langsung. Dari hasil penelitian diperoleh data yang menunjukkan terjadinya pengembangan nilai-nilai pendidikan karakter pada peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka. Pengembangan nilai karakter tersebut merupakan hasil dari pengamalan tri satya dan dasa dharma pramuka yang mencakup 18 nilai karakter bangsa, diantaranya meliputi karakter religius, menghargai prestasi, disiplin, jujur, toleransi, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratif, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, bersahabat, cinta damai, peduli lingkungan, peduli sosial, dan bertanggung jawab. Pengembangan nilai-nilai karakter pendidikan melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka dengan cara menjadikan kegiatan tersebut sebagai kegiatan pengembangan diri wajib yang harus di ikuti oleh peserta didik. Data hasil penelitian ini diperoleh, dari kegiatan observasi pada saat kegiatan latihan pramuka di SDN 008 Loa Janan Ilir.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Suharman, S., Widyanto, N., Eka Mahmud, M., & Sudadi, S. (2023). PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SEKOLAH. Pendas Mahakam : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(2), 149–157. Retrieved from https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/1458

Issue

Section

Articles