PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SEKOLAH
Abstract
Jenis penelitian yang dilakukan pada penelitian kali ini , merupakan jenis penelitian deskriftif kualitatif. Adapaun subyek dalam penelitaian ini adalah kepala sekolah, guru, dan pembina pramuka SDN 008 Loa Janan Ilir. Di dalam teknis penelitian dan pengumpulan data peneliti melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi secara langsung. Dari hasil penelitian diperoleh data yang menunjukkan terjadinya pengembangan nilai-nilai pendidikan karakter pada peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka. Pengembangan nilai karakter tersebut merupakan hasil dari pengamalan tri satya dan dasa dharma pramuka yang mencakup 18 nilai karakter bangsa, diantaranya meliputi karakter religius, menghargai prestasi, disiplin, jujur, toleransi, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratif, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, bersahabat, cinta damai, peduli lingkungan, peduli sosial, dan bertanggung jawab. Pengembangan nilai-nilai karakter pendidikan melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka dengan cara menjadikan kegiatan tersebut sebagai kegiatan pengembangan diri wajib yang harus di ikuti oleh peserta didik. Data hasil penelitian ini diperoleh, dari kegiatan observasi pada saat kegiatan latihan pramuka di SDN 008 Loa Janan Ilir.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.