SUPERVISI PENDIDIKAN DALAM PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU SD DI KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Authors

  • Nonok Widyanto UINSI Samarinda
  • Suharman Suharman UINSI Samarinda
  • Sudadi Sudadi UINSI Samarinda

Abstract

Artikel ini membahas peran penting supervisi pendidikan dalam meningkatkan profesionalisme guru Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Kutai Kartanegara. Supervisi pendidikan dianggap sebagai strategi efektif untuk mengidentifikasi kebutuhan pengembangan guru, memfasilitasi pertukaran pengetahuan, dan meningkatkan kualitas pengajaran. Penelitian ini fokus pada implementasi supervisi pendidikan sebagai upaya konkret untuk meningkatkan keterampilan, pengetahuan, dan motivasi guru SD. Metodologi penelitian dengan metode literatur review atau kepustakaan. Supervisi pendidikan berkontribusi pada peningkatan profesionalisme guru, terutama melalui umpan balik konstruktif, pelatihan tambahan, dan pembelajaran kolaboratif antar-guru. Tantangan yang mungkin dihadapi dalam penerapan supervisi pendidikan, termasuk keterbatasan sumber daya dan dukungan institusional. Oleh karena itu, rekomendasi disusun untuk meningkatkan efektivitas supervisi pendidikan, termasuk peningkatan alokasi sumber daya, pengembangan keterampilan supervisi bagi para pengawas pendidikan, dan penguatan kerjasama antara sekolah dan pihak terkait.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Widyanto, N., Suharman, S., & Sudadi, S. (2023). SUPERVISI PENDIDIKAN DALAM PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU SD DI KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA. Pendas Mahakam : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(2), 137–148. Retrieved from https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/1456

Issue

Section

Articles