PENGGUNAAN METODE DEMONTRASI DAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN IPS

Authors

  • Wahyu Bagja Sulfemi STKIP Muhammadiyah Bogor

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial peserta didik dengan menggunakan metode demontrasi dan media audio visual. Penelitian ini dilakukan Di Sekolah Dasar Negeri Pitara 2 Kecamatan Pancoranmas Kota Depok yang jumlah 41 peserta didik, terdiri dari 27 laki-laki dan 14 orang perempuan. Proses Penelitian ini terdiri dari Prasiklus, Siklus 1 dan Siklus 2. Pada saat prasiklus diketahui nilai rata-rata peserta didik sebesar 65,5 nilai masih dibawah KKM 75,00. sehingga perlu diadakan perbaikan kembali. Maka pada siklus I menunjukkan hasil belajar siswa 69,3 % dan meningkat menjadi 87,3 % pada siklus II. Pada siklus ini telah dicapai ketuntasan belajar karena nilai rata-rata peserta didik telah mencapai diatas nilai KKM. Dari hasil penelitian ini maka diketahui bahwa penggunan metode demontrasi melaui media gambar pada audio visual dapat meningkatkan hasil belajar peserta.

Author Biography

Wahyu Bagja Sulfemi, STKIP Muhammadiyah Bogor

Doesn tetap dan Ketua Program Studi Administrasi STKIP Muhammadiyah Bogor

Published

2018-09-01

How to Cite

Sulfemi, W. B. (2018). PENGGUNAAN METODE DEMONTRASI DAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN IPS. Pendas Mahakam : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 151–158. Retrieved from https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/229

Issue

Section

Articles