Main Article Content

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui alat peraga mistar bilangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan alat peraga mistar bilangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini dapat dilihat dengan adanya peningkatan pada setiap siklusnya, yaitu siklus I dengan nilai rata – rata 55,3 dan ketuntasan secara klasikal sebesar 32%, sedangkan pada siklus II dengan nilai rata – rata 70 dan ketuntasan secara klasikal 80%. Sehingga terjadi peningkatan sebesar 48% dari siklus I ke siklus II. Pada siklus III dengan nilai rata – rata 80,48 dan ketuntasan secara klasikal 100% sehingga terjadi peningkatan sebesar 20% dari siklus II ke siklus III. Dengan menggunakan alat peraga mistar bilangan dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar, hal ini dapat dilihat dengan adanya peningkatan pada setiap siklusnya. Persentase aktivitas pada siklus I sebesar 46%, sedangkan pada siklus II sebesar 62%, sehingga terjadi peningkatan sebesar 16% dari siklus I ke siklus II. Persentase aktivitas belajar siswa pada siklus III sebesar 79,4%. Sehingga dapat diketahui peningkatan aktivitas belajar sebesar 17,4% dari siklus II ke siklus III. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan alat peraga mistar bilangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat kelas IV B SDN 005 Samarinda Ulu Tahun Ajaran 2013/2014

Article Details

How to Cite
HikmahN. (2016). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT MELALUI ALAT PERAGA MISTAR BILANGAN PADA SISWA KELAS IV SDN 005 SAMARINDA ULU. PENDAS MAHAKAM: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar , 1(1), 80-85. Retrieved from https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/46

References

  1. Ali, Muhammad. 2010. Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algesindo
  2. Arikunto, Suharsimi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara
  3. Arikunto, Suharsimi. 2010. Dasar – dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara
  4. Dalyono, M. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
  5. Djamarah, Syaiful. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rineka Cipta
  6. Hanafiah. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung : PT Refika Aditama
  7. Hariwijaya, M. 2010. Pedoman Penulisan Skripsi dan Tesis. Yogyakarta ; Oryza
  8. Hufad, Achmad. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI
  9. Kamal, Aden. 2011. Matematika SD Kelas IV. Perpustakaan Nasional : KDT
  10. Maunah, Binti. 2009. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta : Teras
  11. Murniati, Endyah. 2007. Kesiapan Belajar Matematika Sekolah Dasar. Surabaya : SIC
  12. Ruseffendi, E. 1992. Pendidikan Matematika 3. Jakarta : Depdikbud
  13. Rusyan, Tabrani. 1989. Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : CV Remadja Karya
  14. Sanjaya, Wina. 2010. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : Kencana
  15. Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Departemen Pendidikan Nasional
  16. Soemanto, Wasty. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT Rineka Cipta
  17. Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
  18. Sudirman. 1991. Ilmu Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
  19. Sudjana, Nana. 2000. Dasar – Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo
  20. Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
  21. Suherman, Erman. 1993. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Jakarta : Depdikbud
  22. Sukayati. 2007. MEQIP. Yogyakarta : CV Empat Pilar Pendidikan
  23. Sukayati. 2009. Pemanfaatan Alat Peraga Matematika di SD. Yogyakarta : Depdiknas
  24. Suyadi. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jogjakarta : Diva Press
  25. Thobroni, Muhammad. 2011. Belajar & Pembelajaran. Jogjakarta : Ar – Ruzz Media