PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT MELALUI ALAT PERAGA MISTAR BILANGAN PADA SISWA KELAS IV SDN 005 SAMARINDA ULU

  • Nurul Hikmah Widya Gama Mahakam Samarinda University
Abstract views: 1022 , PDF downloads: 2528
Untitled (Bahasa Indonesia) downloads: 0

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui alat peraga mistar bilangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan alat peraga mistar bilangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini dapat dilihat dengan adanya peningkatan pada setiap siklusnya, yaitu siklus I dengan nilai rata – rata 55,3 dan ketuntasan secara klasikal sebesar 32%, sedangkan pada siklus II dengan nilai rata – rata 70 dan ketuntasan secara klasikal 80%. Sehingga terjadi peningkatan sebesar 48% dari siklus I ke siklus II. Pada siklus III dengan nilai rata – rata 80,48 dan ketuntasan secara klasikal 100% sehingga terjadi peningkatan sebesar 20% dari siklus II ke siklus III. Dengan menggunakan alat peraga mistar bilangan dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar, hal ini dapat dilihat dengan adanya peningkatan pada setiap siklusnya. Persentase aktivitas pada siklus I sebesar 46%, sedangkan pada siklus II sebesar 62%, sehingga terjadi peningkatan sebesar 16% dari siklus I ke siklus II. Persentase aktivitas belajar siswa pada siklus III sebesar 79,4%. Sehingga dapat diketahui peningkatan aktivitas belajar sebesar 17,4% dari siklus II ke siklus III. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan alat peraga mistar bilangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat kelas IV B SDN 005 Samarinda Ulu Tahun Ajaran 2013/2014

References

Ali, Muhammad. 2010. Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algesindo

Arikunto, Suharsimi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi. 2010. Dasar – dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara

Dalyono, M. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah, Syaiful. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rineka Cipta

Hanafiah. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung : PT Refika Aditama

Hariwijaya, M. 2010. Pedoman Penulisan Skripsi dan Tesis. Yogyakarta ; Oryza

Hufad, Achmad. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI

Kamal, Aden. 2011. Matematika SD Kelas IV. Perpustakaan Nasional : KDT

Maunah, Binti. 2009. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta : Teras

Murniati, Endyah. 2007. Kesiapan Belajar Matematika Sekolah Dasar. Surabaya : SIC

Ruseffendi, E. 1992. Pendidikan Matematika 3. Jakarta : Depdikbud

Rusyan, Tabrani. 1989. Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : CV Remadja Karya

Sanjaya, Wina. 2010. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : Kencana

Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Departemen Pendidikan Nasional

Soemanto, Wasty. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT Rineka Cipta

Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Sudirman. 1991. Ilmu Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Sudjana, Nana. 2000. Dasar – Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Suherman, Erman. 1993. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Jakarta : Depdikbud

Sukayati. 2007. MEQIP. Yogyakarta : CV Empat Pilar Pendidikan

Sukayati. 2009. Pemanfaatan Alat Peraga Matematika di SD. Yogyakarta : Depdiknas

Suyadi. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jogjakarta : Diva Press

Thobroni, Muhammad. 2011. Belajar & Pembelajaran. Jogjakarta : Ar – Ruzz Media

Published
2016-12-14
How to Cite
HikmahN. (2016). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT MELALUI ALAT PERAGA MISTAR BILANGAN PADA SISWA KELAS IV SDN 005 SAMARINDA ULU. PENDAS MAHAKAM: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 80-85. Retrieved from https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/46
Section
Articles