PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT MELALUI ALAT PERAGA MISTAR BILANGAN PADA SISWA KELAS IV SDN 005 SAMARINDA ULU
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui alat peraga mistar bilangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan alat peraga mistar bilangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini dapat dilihat dengan adanya peningkatan pada setiap siklusnya, yaitu siklus I dengan nilai rata – rata 55,3 dan ketuntasan secara klasikal sebesar 32%, sedangkan pada siklus II dengan nilai rata – rata 70 dan ketuntasan secara klasikal 80%. Sehingga terjadi peningkatan sebesar 48% dari siklus I ke siklus II. Pada siklus III dengan nilai rata – rata 80,48 dan ketuntasan secara klasikal 100% sehingga terjadi peningkatan sebesar 20% dari siklus II ke siklus III. Dengan menggunakan alat peraga mistar bilangan dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar, hal ini dapat dilihat dengan adanya peningkatan pada setiap siklusnya. Persentase aktivitas pada siklus I sebesar 46%, sedangkan pada siklus II sebesar 62%, sehingga terjadi peningkatan sebesar 16% dari siklus I ke siklus II. Persentase aktivitas belajar siswa pada siklus III sebesar 79,4%. Sehingga dapat diketahui peningkatan aktivitas belajar sebesar 17,4% dari siklus II ke siklus III. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan alat peraga mistar bilangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat kelas IV B SDN 005 Samarinda Ulu Tahun Ajaran 2013/2014References
Ali, Muhammad. 2010. Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algesindo
Arikunto, Suharsimi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara
Arikunto, Suharsimi. 2010. Dasar – dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara
Dalyono, M. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Djamarah, Syaiful. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rineka Cipta
Hanafiah. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung : PT Refika Aditama
Hariwijaya, M. 2010. Pedoman Penulisan Skripsi dan Tesis. Yogyakarta ; Oryza
Hufad, Achmad. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI
Kamal, Aden. 2011. Matematika SD Kelas IV. Perpustakaan Nasional : KDT
Maunah, Binti. 2009. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta : Teras
Murniati, Endyah. 2007. Kesiapan Belajar Matematika Sekolah Dasar. Surabaya : SIC
Ruseffendi, E. 1992. Pendidikan Matematika 3. Jakarta : Depdikbud
Rusyan, Tabrani. 1989. Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : CV Remadja Karya
Sanjaya, Wina. 2010. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : Kencana
Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Departemen Pendidikan Nasional
Soemanto, Wasty. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT Rineka Cipta
Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
Sudirman. 1991. Ilmu Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Sudjana, Nana. 2000. Dasar – Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Suherman, Erman. 1993. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Jakarta : Depdikbud
Sukayati. 2007. MEQIP. Yogyakarta : CV Empat Pilar Pendidikan
Sukayati. 2009. Pemanfaatan Alat Peraga Matematika di SD. Yogyakarta : Depdiknas
Suyadi. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jogjakarta : Diva Press
Thobroni, Muhammad. 2011. Belajar & Pembelajaran. Jogjakarta : Ar – Ruzz Media