Main Article Content
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui alat peraga mistar bilangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan alat peraga mistar bilangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini dapat dilihat dengan adanya peningkatan pada setiap siklusnya, yaitu siklus I dengan nilai rata – rata 55,3 dan ketuntasan secara klasikal sebesar 32%, sedangkan pada siklus II dengan nilai rata – rata 70 dan ketuntasan secara klasikal 80%. Sehingga terjadi peningkatan sebesar 48% dari siklus I ke siklus II. Pada siklus III dengan nilai rata – rata 80,48 dan ketuntasan secara klasikal 100% sehingga terjadi peningkatan sebesar 20% dari siklus II ke siklus III. Dengan menggunakan alat peraga mistar bilangan dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar, hal ini dapat dilihat dengan adanya peningkatan pada setiap siklusnya. Persentase aktivitas pada siklus I sebesar 46%, sedangkan pada siklus II sebesar 62%, sehingga terjadi peningkatan sebesar 16% dari siklus I ke siklus II. Persentase aktivitas belajar siswa pada siklus III sebesar 79,4%. Sehingga dapat diketahui peningkatan aktivitas belajar sebesar 17,4% dari siklus II ke siklus III. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan alat peraga mistar bilangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat kelas IV B SDN 005 Samarinda Ulu Tahun Ajaran 2013/2014
Article Details
How to Cite
HikmahN. (2016). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT MELALUI ALAT PERAGA MISTAR BILANGAN PADA SISWA KELAS IV SDN 005 SAMARINDA ULU. Pendas Mahakam : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1), 80-85. Retrieved from https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/46
References
- Ali, Muhammad. 2010. Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algesindo
- Arikunto, Suharsimi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara
- Arikunto, Suharsimi. 2010. Dasar – dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara
- Dalyono, M. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
- Djamarah, Syaiful. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rineka Cipta
- Hanafiah. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung : PT Refika Aditama
- Hariwijaya, M. 2010. Pedoman Penulisan Skripsi dan Tesis. Yogyakarta ; Oryza
- Hufad, Achmad. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI
- Kamal, Aden. 2011. Matematika SD Kelas IV. Perpustakaan Nasional : KDT
- Maunah, Binti. 2009. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta : Teras
- Murniati, Endyah. 2007. Kesiapan Belajar Matematika Sekolah Dasar. Surabaya : SIC
- Ruseffendi, E. 1992. Pendidikan Matematika 3. Jakarta : Depdikbud
- Rusyan, Tabrani. 1989. Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : CV Remadja Karya
- Sanjaya, Wina. 2010. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : Kencana
- Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Departemen Pendidikan Nasional
- Soemanto, Wasty. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT Rineka Cipta
- Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
- Sudirman. 1991. Ilmu Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
- Sudjana, Nana. 2000. Dasar – Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo
- Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
- Suherman, Erman. 1993. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Jakarta : Depdikbud
- Sukayati. 2007. MEQIP. Yogyakarta : CV Empat Pilar Pendidikan
- Sukayati. 2009. Pemanfaatan Alat Peraga Matematika di SD. Yogyakarta : Depdiknas
- Suyadi. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jogjakarta : Diva Press
- Thobroni, Muhammad. 2011. Belajar & Pembelajaran. Jogjakarta : Ar – Ruzz Media