PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SDN.020 BALIKPAPAN TENGAH
DOI:
https://doi.org/10.24903/pm.v5i2.653Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengembangkan modul berbasis Realistic Mathematics Education (RME)pembelajaran matematika serta untuk mengetahui kelayakan dan efektifitas penggunaan modul berbasis Realistic Mathematics Education (RME).Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek ujicoba terdiri dari ahli desain modul, ahli materi, praktisi/guru senior yang membidangi keilmuan matematika, dan siswa kelas V SDN.020 Balikpapan Tengah. Ujicoba dilakukan pada kelompok kecil dengan jumlah siswa 9 orang dan kelompok besar dengan jumlah siswa 30 orang. Tahapan penelitian dan pengembangan meliputi: 1) Potensi dan masalah, 2) Mengumpulkan data, 3) Mendesain/perancangan produk, 4) Validasi desain oleh ahli media dan ahli materi pembelajaran, 5) Revisi produk awal, 6) Pembuatan produk, 7) Uji coba produk kelompok kecil, 8) Revisi hasil ujicoba produk, 9) Ujicoba produk kelompok besar. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengetahui kelayakan produk dari validasi ahli media, ahli materi, praktisi dan angket respon/tanggapan siswa dan analisis perbandiangan pretest dan postest. Tingkat kelayakan modul menunjukan : hasil analisis dari ahli media pertama diperoleh 83.33 masuk dalam kategori sangat layak, hasil analisis dari ahli materi pertama diperoleh 80.88 masuk dalam kategori layak, hasil analisis dari ahli materi kedua diperoleh 82.35 masuk dalam kategori sangat layak, hasil analisis dari ahli praktisi/guru senior diperoleh 92.04 masuk dalam kategori sangat layak. Uji efektifivas penggunaan modul dinilai berdasarkan peningkatan nilai pretest dan posttest pada siswa. efektifivitas penggunaan modul digunakan Uji Statistik yaitu Uji tBerpasangan. Pada pengujian asumsi data berdistribusi normal, data memenuhi distribusi normal apabila pvalue> 0,05 (taraf signifikansi). Berdasarkan tabel One Sample Kolmogorov Smirnov Test, didapatkan pvaluepada pretestsebesar 0,467 > 0,05 dan posttestsebesar 0,114 > 0,05. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa data pretest danposttestmemenuhi asumsi distribusi normal. Karena data memenuhi asumsi distribusi normal, maka Uji tBerpasangan dapat digunakan. Berdasarkan tabel Paired Sample Testpada 30 sampel dengan taraf signifikansi 0,05, didapatkan p valuesebesar 0,000 < 0,05. Artinya Hoditolak, terdapat perbedaan nilai pretestdan posttestsecara signifikan. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penggunaan modul efektif digunakan pada siswa.