Implementasi Perbaikan Berkelanjutan Dalam Prinsip Manajemen Mutu Pendidikan di Sekolah Menegah Atas Negeri 2 Tenggarong

Authors

  • Nuryasmi SMAN 2 Tenggarong
  • Matius Julianes Sekolah Tinggi Teologi Tenggarong
  • Azainil FKIP Universitas Mulawarman

Abstract

Abstrak

Penelitian ini mengevaluasi penerapan perbaikan berkesinambungan dalam pengelolaan mutu pendidikan di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komitmen manajemen sekolah, dukungan pemerintah daerah, dan partisipasi aktif PTK merupakan faktor pendukung utama, sementara keterbatasan anggaran dan resistensi terhadap perubahan menjadi hambatan. Penerapan perbaikan berkelanjutan terbukti meningkatkan kompetensi PTK, interaksi efektif antara guru dan siswa, serta pengembangan fasilitas pendidikan. Penelitian ini memberikan wawasan bagi sekolah-sekolah lain dan rekomendasi kebijakan pendidikan yang lebih efektif bagi pemerintah daerah.

Downloads

Published

2025-06-07

How to Cite

Nuryasmi, Julianes, M., & Azainil. (2025). Implementasi Perbaikan Berkelanjutan Dalam Prinsip Manajemen Mutu Pendidikan di Sekolah Menegah Atas Negeri 2 Tenggarong. Pendas Mahakam : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 10(1), 65–75. Retrieved from https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/1759

Issue

Section

Articles