Tata Kelola Pendidikan: Supervisi Proaktif Kepala Sekolah Untuk Pembinaan Kompetensi Guru

Authors

  • Basuni Basuni SMKN 15 Samarinda
  • Rina Malini SMA Negeri 1 Tenggarong
  • Matius Julianes Sekolah Tinggi Teologi Tenggarong
  • Ariantho Arruan Universitas Mulawarman
  • Warman Warman Universitas Mulawarman

Abstract

Kegiatan analisis ini bertujuan dalam mengekplorasi peran yang dimainkan oleh supervisor kepala sekolah di dalam upaya peningkatan kemampuan profesional guru serta mengidentifikasi strategi efektif yang digunakan dalam proses tersebut. Konteks penelitian didasarkan pada pemahaman bahwa pendidikan berkualitas memerlukan pendidikan yang memiliki kemampuan profesional yang secara baik, dan supervisor kepala sekolah berperan penting dalam memfasilitasi pengembangan kompetensi tersebut. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi peran supervisor kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru serta strategi efektif yang digunakan oleh mereka untuk mendukung pengembangan kompetensi guru. Pendekatan penelitian yang digunakan menggunakan pendekatan dengan melakukan wawancara secara kualitatif komprehensif terhadap supervisor kepala sekolah dan guru yang menjadi obyek pengamatan. Menganalisis data yang dikumpulkan  secara tematik serta diidentifikasikan susunan kalimat dan pokok pikiran terkait peran dan strategi supervisor kepala sekolah dalam upaya peningkatan kemampuan profesional guru. Diharapkan hasil penelitian ini akan memberikan wawasan yang lebih mendalam tentang pentingnya peran supervisor kepala sekolah terhadap upaya pembinaan guru dan juga akan memberikan wawasan yang berharga tentang strate

Downloads

Published

2024-06-04

How to Cite

Basuni, B., Malini, R., Julianes, M., Arruan, A., & Warman, W. (2024). Tata Kelola Pendidikan: Supervisi Proaktif Kepala Sekolah Untuk Pembinaan Kompetensi Guru. Pendas Mahakam : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 9(1), 42–51. Retrieved from https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/1620

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)