Transformasi Profesionalisme Guru : Strategi Pengembangan Profesi Untuk Meningkatkan Kinerja Dan Efektivitas Pembelajaran

Authors

  • Aldila Prillia Putri Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • Wienda Ratnasari Universitas Mulawarman
  • Tama Roma P Sianturi Universitas Mulawarman
  • Nurhayati Aida Universitas Mulawarman
  • Warman Warman Universitas Mulawarman

Abstract

Salah satu upaya dalam pengembangan profesi guru dengan cara peningkatan dan pengembangan keterampilan dapat diperoleh melalui proses pembelajaran. Pengembangan profesional guru dipelajari dan disajikan dalam sastra relevan di banyak berbeda cara. Kinerja guru  dalam  Pendidikan diperlukan sebagai upaya untuk meningkatkan kinerja guru sebagai factor pengembangan profesi guru. Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan data terkait pengembangan profesi guru dalam meningkatkan kinerja guru. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan metode statistik atau analisis kualitatif untuk mendapatkan hasil yang valid dan objektif Studi literatur: Melibatkan pengumpulan dan analisis berbagai buku, jurnal, dan literatur terkait untuk memperoleh pemahaman yang mendalam tentang topik penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa , pengembangan profesi guru dan kinerja guru merupakan dua aspek penting dalam memajukan dunia penididikan, yang saling terkait dalam upaya meningkatkan mutu dan efektivitas pembelajaran. Upaya pengembangan profesi guru dan peningkatan kinerja guru perlu terus didorong agar pendidikan dapat memberikan dampak yang positif dan berkualitas bagi peserta didik serta masyarakat secara luas.

Downloads

Published

2024-06-06

How to Cite

Putri, A. P., Ratnasari, W., Sianturi, T. R. P., Aida, N., & Warman, W. (2024). Transformasi Profesionalisme Guru : Strategi Pengembangan Profesi Untuk Meningkatkan Kinerja Dan Efektivitas Pembelajaran . Pendas Mahakam : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 9(1), 70–78. Retrieved from https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/1666

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)