Optimalisasi Kualiatas Pendidikan Melalui Pendekatan Supervisi dan Inovasi Pembelajaran di Sekolah

Authors

  • Maisaroh Maisaroh SD Islamic Center Samarinda
  • Devita Sindy Ninthia PAUD Terpadu KB dan TK Melati Putih Plus
  • Septy Indah Pratiwi SMKS PGRI 5 Samarinda
  • Nancy C.O.M Pelealu TK GLORIA SUNODIA Samarinda
  • Warman Warman Universitas Mulawarman

Abstract

Peran pengawasan pendidikan dalam meningkatkan kualitas pengajaran di lembaga pendidikan tidak boleh dianggap remeh. Keterlibatan yang proaktif dari pimpinan sangat penting untuk meningkatkan standar pendidikan dan menjamin tingkat profesionalisme dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawab mereka sebagai pendidik. Pelatihan ini menyediakan bimbingan yang diperlukan untuk mendukung kepala sekolah dan guru dalam mengoptimalkan potensi mereka serta menciptakan lingkungan yang mendukung untuk pengembangan profesional. Metode yang digunakan adalah studi literatur. Dalam konteks institusi pendidikan, pengawasan yang efektif menjadi elemen penting yang diperlukan di semua tingkatan pendidikan. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, meningkatkan prestasi siswa baik dalam bidang akademik maupun non-akademik, dan mencapai target pendidikan nasional untuk memberikan layanan pendidikan yang berkualitas di semua lembaga pendidikan. Untuk mencapai standar pendidikan yang tinggi, keberadaan guru dengan keahlian dan tingkat profesionalisme yang tinggi sangatlah penting. Oleh karena itu, tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk meneliti bagaimana supervisi pendidikan dapat berpengaruh secara positif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.

Downloads

Published

2024-06-06

How to Cite

Maisaroh, M., Ninthia, D. S., Pratiwi, S. I., Pelealu, N. C., & Warman, W. (2024). Optimalisasi Kualiatas Pendidikan Melalui Pendekatan Supervisi dan Inovasi Pembelajaran di Sekolah . Pendas Mahakam : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 9(1), 60–69. Retrieved from https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/1690

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)