Optimalisasi Kualitas Pendidikan Melalui Pendekatan Supervisi dan Inovasi Pembelajaran di Sekolah
Abstract
Peran pengawasan pendidikan dalam meningkatkan kualitas pengajaran di lembaga pendidikan tidak boleh dianggap remeh. Keterlibatan yang proaktif dari pimpinan sangat penting untuk meningkatkan standar pendidikan dan menjamin tingkat profesionalisme dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawab mereka sebagai pendidik. Pelatihan ini menyediakan bimbingan yang diperlukan untuk mendukung kepala sekolah dan guru dalam mengoptimalkan potensi mereka serta menciptakan lingkungan yang mendukung untuk pengembangan profesional. Metode yang digunakan adalah studi literatur. Dalam konteks institusi pendidikan, pengawasan yang efektif menjadi elemen penting yang diperlukan di semua tingkatan pendidikan. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, meningkatkan prestasi siswa baik dalam bidang akademik maupun non-akademik, dan mencapai target pendidikan nasional untuk memberikan layanan pendidikan yang berkualitas di semua lembaga pendidikan. Untuk mencapai standar pendidikan yang tinggi, keberadaan guru dengan keahlian dan tingkat profesionalisme yang tinggi sangatlah penting. Oleh karena itu, tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk meneliti bagaimana supervisi pendidikan dapat berpengaruh secara positif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.