Metode Supervisi Klinis Terintegrasi Terhadap Kompetensi dan Kinerja Guru

Authors

  • Kamaluddin Kamaluddin SMKN 1 Muara Muntai
  • Febry Budiman Rahmadani SMKN 1 Muara Muntai
  • Feni Indah Rianti SD Muhammadiyah 1
  • Fitriani Fitriani Sanggar Kegiatan Belajar SKB Kota Bangun
  • Warman Warman Universitas Mulawarman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Metode Supervisi Klinis Terintegrasi sebagai upaya meningkatkan kompetensi dan efektivitas guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, yang mencakup identifikasi kebutuhan supervisi guru melalui wawancara mendalam dan observasi di lapangan. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen, lalu dianalisis secara tematik, serta model disempurnakan melalui refleksi berkelanjutan dan masukan dari pemangku kepentingan. Hasil penelitian menunjukkan potensi model dalam meningkatkan mutu pendidikan dengan fokus pada profesionalisme guru dan pencapaian siswa. Kesimpulannya, Model Supervisi Klinis Terpadu diharapkan dapat memperkuat praktik pengajaran guru dan pemahaman mereka terhadap kebutuhan siswa, serta menjadi landasan yang kuat untuk meningkatkan mutu pendidikan secara berkelanjutan. Rekomendasi untuk penelitian mendatang mencakup pengujian efektivitas model secara lebih luas dan dalam berbagai konteks pendidikan.

Downloads

Published

2024-06-07

How to Cite

Kamaluddin, K., Rahmadani, F. B., Rianti, F. I., Fitriani, F., & Warman, W. (2024). Metode Supervisi Klinis Terintegrasi Terhadap Kompetensi dan Kinerja Guru. Pendas Mahakam : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 9(1), 86–93. Retrieved from https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/1703

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>