Main Article Content

Abstract

Proses pembelajaran prosedur klinik di pendidikan kesehatan adalah hal yang paling krusial dan
harus mendapat perhatian yang sangat penting dan solusi yang untuk mengatasinya di masa
Pandemi ini agar tetap berjalan efektif dan berkelanjutan. Salah satunya adalah tetap melakukan
kegiatan pembelajaran prosedur klinik secara Daring. Metode Daring yang dilakukan adalah metode
ceramah dan pemutaran video pada suatu keterampilan klinik tertentu. Jenis penelitian ini adalah
penelitian Kuantitatif, dengan pendekatan Analitik deskriptif. Desain dalam penelitian ini adalah
Cross Sectional, dimana data variabel dependen dan independen didapatkan dalam satu periode
waktu. Sampel sebanyak 75 mahasiswa tingkat 2 yang mengikuti pembelajaran Mata kuliah
Keperawatan Maternitas 1 (Satu).
Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa metode pembelajaran pada tahap 1 ini dapat meningkatkan
pengetahuan sebesar 70,6 %, meningkatkan skills mahasiswa 14,7 % dan meningkatkan attitude
mahasiswa 14,7 %. Hasil evaluasi pembelajaran klinik tahap 1 pada mata kuliah keperawatan
maternitas 1 (satu) dengan menonton video dan penjelasan dari dosen masih kurang efektif 61,7 %,
efektif 28% dan tidak efektif 10,7%. Berdasarkan hasil penelitian ini juga dinilai bahwa metode
pembelajaran pada tahap 2 dapat meningkatkan pengetahuan sebesar 14,7 %, meningkatkan skills
mahasiswa 70,6 % dan meningkatkan attitude mahasiswa 14,7 %. Berdasarkan hasil penelitian ini
juga dinilai bahwa metode pembelajaran pada tahap 2 ini dapat meningkatkan pengetahuan sebesar
36%, meningkatkan skills mahasiswa 20,7% dan meningkatkan attitude mahasiswa 37,3%.
Berdasarkan hasil penelitian ini juga dinilai bahwa metode pembelajaran pada semua tahapan ini
dapat meningkatkan pengetahuan sebesar 40%, meningkatkan skills mahasiswa 40% dan
meningkatkan attitude mahasiswa 20%.
Hasil evaluasi masih banyak pada penilaian kurang efektif, maka memungkinkan untuk dilakukan
pembelajaran metode Blended Learning yaitu gabungan antara metode daring dan luring. Hasil
evaluasi akhir bahwa 3 tahapan metode ini dapat meningkatkan pengetahuan dan skills secara
berimbang yaitu 40% dan 20% meningkatkan attitude mahasiswa, maka metode ini dapat menjadi
pilihan alternatif yang baik dilakukan atau dengan memodifikasi dengan teknik luring pada bagian
penjelasan materi awal, dan selanjutnya tetap bisa menggunakan teknik daring. Rekomendasi untuk
penelitian selanjutnya adalah modifikasi dari berbagai metode pembelajaran khususnya keterampilan
klinik.
Keyword : Penerapan pembelajaran secara daring, Keterampilan Pre Klinik,
Keperawatan Maternitas

Article Details

How to Cite
Siti Rahmadhani, RahayuA. P., Ika Fikriah, Rahmat Bakhtiar, Sulistiawati Sudarso, Cicih Bhakti Purnamasari, Handy Wiradharma, & Pipi Surianti. (2022). Research Result EVALUASI PENERAPAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN PRE KLINIK SECARA DARING PADA MATA KULIAH KEPERAWATAN MATERNITAS DI PRODI D-III KEPERAWATAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MULAWARMAN: Evaluasi Penerapan Pembelajaran Pre Klinik. PENDAS MAHAKAM: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar , 7(1), 1-8. https://doi.org/10.24903/pm.v7i1.966