Implementasi Kooperatif Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep IPAS Siswa Kelas V di SDN 027 Samarinda Ulu
DOI:
https://doi.org/10.24903/sjp.v6i1.2211Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran kooperatif.
terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa kelas V SDN 027 Samarinda
Ulu. Pembelajaran kooperatif mempunyai manfaat atau keuntungan yang lebih besar dalam memberikan
kesempatan bagi siswa untuk lebih mengembangkan kemampuan mereka. Fokus penelitian juga
termasuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep IPA. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Penelitian ini dilakukan
di kelas V SDN 027 Samarinda Ulu. Teknik pengumpulan data meliputi observasi
kegiatan belajar mengajar, wawancara dengan guru kelas dan siswa,
dan dokumentasi pendukung lainnya. Instrumen penelitian terdiri dari wawancara
pedoman, lembar observasi, dan pedoman dokumentasi. Analisis data
Teknik-teknik tersebut meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan
partisipasi siswa, memperkuat pemahaman konseptual, dan mendorong kerjasama
keterampilan. Tantangan yang dihadapi meliputi perbedaan partisipasi siswa dan keterbatasan
waktu diskusi. Namun, guru mampu mengatasi kendala ini melalui
peran aktif sebagai fasilitator pembelajaran.
Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif; IPA dan IPS (IPAS); Konseptual
Pemahaman; Teka-teki; Siswa
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2025 putri sabela, Samsul Adianto, Eko Kurniawanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.