Implementasi Kooperatif Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep IPAS Siswa Kelas V di SDN 027 Samarinda Ulu

Authors

  • putri sabela Universitas widya Gama Mahakam Samarinda
  • Samsul Adianto universitas widya gama mahakam samarinda
  • Eko Kurniawanto universitas widya gama mahakam samarinda

DOI:

https://doi.org/10.24903/sjp.v6i1.2211

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran kooperatif.

terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa kelas V SDN 027 Samarinda

Ulu. Pembelajaran kooperatif mempunyai manfaat atau keuntungan yang lebih besar dalam memberikan

kesempatan bagi siswa untuk lebih mengembangkan kemampuan mereka. Fokus penelitian juga

termasuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep IPA. Penelitian ini menggunakan

pendekatan kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Penelitian ini dilakukan

di kelas V SDN 027 Samarinda Ulu. Teknik pengumpulan data meliputi observasi

kegiatan belajar mengajar, wawancara dengan guru kelas dan siswa,

dan dokumentasi pendukung lainnya. Instrumen penelitian terdiri dari wawancara

pedoman, lembar observasi, dan pedoman dokumentasi. Analisis data

Teknik-teknik tersebut meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan

partisipasi siswa, memperkuat pemahaman konseptual, dan mendorong kerjasama

keterampilan. Tantangan yang dihadapi meliputi perbedaan partisipasi siswa dan keterbatasan

waktu diskusi. Namun, guru mampu mengatasi kendala ini melalui

peran aktif sebagai fasilitator pembelajaran.

Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif; IPA dan IPS (IPAS); Konseptual

Pemahaman; Teka-teki; Siswa

Published

31-08-2025

How to Cite

putri sabela, Adianto, S., & Kurniawanto, E. (2025). Implementasi Kooperatif Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep IPAS Siswa Kelas V di SDN 027 Samarinda Ulu. SISTEMA: Jurnal Pendidikan, 6(1), 12–16. https://doi.org/10.24903/sjp.v6i1.2211

Most read articles by the same author(s)