Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Proses Pembelajaran Daring Siswa Kelas III C Di SDN 011 Samarinda Utara

Authors

  • Ratna Khairunnisa Universitas Widya Gama Mahakam
  • Nur Agus Salim Universitas Widya Gama Mahakam
  • Dina Riani Tiku Belo Unuversitas Widya Gama Mahakam
  • Samsul Adianto Universitas Widya Gama Mahakam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  peran orang tua dalam mendampingi proses pembelajaran daring dan untuk mengetahui hambatan yang dialami orang tua selama mendampingi proses belajar daring siswa kelas III C SDN 011 Samarinda. Jenis penelitian ini  penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah orang tua, guru dan siswa kelas III C SDN 011 Samarinda dengan menggunakan Snowball Sampling dan Purposive Sampling. Instrumen penelitian dibantu dengan handphone, pensil, ballpoint, buku tulis. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tahapan berikut: memperoleh data dari lapangan dengan melakukan observasi, wawancara, dokumentasi, reduksi data, penyajian data, kesimpulan, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan peran orang tua selama pembelajaran daring adalah membantu siswa dalam mengisi daftar hadir selama pembelajaran daring, mendampingi dalam mengerjakan tugas serta membantu mengumpulkan hasil pekerjaan siswa dan menyediakan fasilitas belajar selama belajar daring, namun tidak semua orang tua dapat mendampingi anaknya selama proses pembelajaran daring dikarenakan adanya hambatan berupa kesibukan orang tua bekerja, tingkat ekonomi yang rendah dan kurangnya pemahaman dalam menggunakan aplikasi pembelajaran daring. Dengan demikian ditarik kesimpulan bahwa orang tua memiliki peranan penting dalam proses pembelajaran daring, tetapi dalam pelaksanaannya ditemukan beberapa hambatan selama pembelajran daring yang dialami oleh orang tua baik dari orang tua sendiri dan hambatan yang datang dari luar

Published

29-12-2021

How to Cite

Khairunnisa, R., Salim, N. A., Belo, D. R. T., & Adianto, S. (2021). Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Proses Pembelajaran Daring Siswa Kelas III C Di SDN 011 Samarinda Utara . SISTEMA: Jurnal Pendidikan, 2(2), 56–60. Retrieved from https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/sjp/article/view/844

Most read articles by the same author(s)