MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DENGAN METODE EKSPERIMEN PADA ANAK USIA 3 - 4 TAHUN DI PAUD AZZAITUN GENTING TANAH TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019

Martina - Martina* -  , Indonesia
Hanita - Hanita -  , Indonesia

This study aims to find out how the experiment method in improving student’s understanding on concept of weight for students aged 3 to 4. This study was conducted in Az-zaitun Genting Tanah Pre-school. The research subjects were twelve students of group B aged three to four, consisting of five males and seven females. The researcher applied classroom action research with two cycles, applying four stages; planning, implementation, observation and reflection. The result shows that students’ understanding on weight concept has increased. At the first cycle, students’ understanding reached 36% and increased into 79% at the second cycle. In conclusion, the experiment method is effective in improving students’ understanding on weight concept. Therefore, it is suggested that teacher to give stimulation and practice for improving students’ understanding weight concept.

  1. Kemampuan, Meningkatkan, Pemahaman Konsep, Satuan Berat, Melalui Media, Puzzle Kotak, Bagi Anak, Dikelas Iv, and Kota Payakumbuh. 2016. “E-JUPEKhu.” 5.
  2. Lestariningrum, Anik and Nuryanti. 2016. “SAINS PADA ANAK DIDIK KELOMPOK A TK PKK SURUHWADANG KECAMATAN Kademangan Kabupaten Blitar.” Educhild 5(1):46–50.
  3. Maria, Leni. 2014. “Penggunaan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN $# Tapis Tembawang.” 3.
  4. Nopayana, Siska, Deti Rostika, Helmi Ismail, Lambang Bilangan, and Media Papan. n.d. “Upava Meningkatkan Pemahaman Konsep Bilangan Beserta Lambang Bilangan Pada Anak Melalui Media Papan Flanel Modifikasi.”
  5. Pendidikan, Jurusan, Guru Pendidikan, Anak Usia, Dini Volume, No Tahun, Penerapan Permainan, Tradisional Dengkleng, Jurusan Pendidikan, Guru Pendidikan, Anak Usia, Dini Volume, No Tahun, Meningkatkan Keterampilan, Sosial Melalui, Jurusan Pendidikan, Guru Pendidikan, Anak Usia, Dini Volume, No Tahun, Kemampuan Kognitif, Anak Usia, I. Gusti Ayu,
  6. Sri Purnami, I. Ketut Gading, Mutiara Magta, Jurusan Pendidikan, Guru Pendidikan, Anak Usia, Dini Volume, and No Tahun. 2017. “PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN TK SAIWA DHARMA Jurusan Bimbingan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Abstrak E-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha.” 4(3).
  7. نوروزی, محمود. 1388. “No Titleبررسی جریان و انتقال حرارت سیال ویسکوالاستیک در مجاری خمیده دارای مقطع مستطیلی و در حالت های ایستا و چرخان.” (1).
  8. Faidatun, Nugraheni. 2013. Upaya Peningkatan Pengenalan Pengetahuan Peristiwa Alam Melalui Metode Eksperimen Pada Anak Kelompok B TK Adinda Mojolaban Sukoharjo Tahun 2012/2013. Diakses dari https://eprints.uns.ac.id/12092/ pada tanggal 15 januari 2018 pukul 08.30 WIB
  9. Haryono, 2015. Bimbingan Teknis Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Amara Books
  10. MS, Sumantri. 2005. Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas
  11. Nisa, N. Afifatun. 2015. Upaya Meningkatkan Kemampuan Membedakan Konsep Berat Ringan dengan Metode Eksperimen Menakar dan Menimbang Biji-Bijian pada Siswa Kelompok B TK YWKA Kecamatan Purwokerto. Diakses dari http://repository.ump.ac.id/2032/1/NURUL%20AFIF0COVER.pdf pada tanggal 15 januari 2018 pukul 08.00 WIB
  12. Nugraha, Ali. 2005. Pengembangan Pembelajaran Sains pada Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas
  13. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 58 Tahun 2009
  14. Slamet, Suyanto. 2005. Dasar- Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta : Hikayat Publishing.
  15. Suharsimi, Arikunto. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Aditya Media
  16. Suharto dan Tata Iryanto. 2004. Perkembangan Belajar Anak Usia Dini. Surabaya : Indah
  17. Sujiono, Anas. 2005. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : Raja G. Persada
  18. Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Article Info
Submitted: 2019-08-15
Published: 2019-08-15
Section: Articles
Article Statistics: 8