PERAN ORANG TUA DALAM PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR SEBAGAI MEDIA PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DIMASA PANDEMI

Authors

  • Reni Ardiana PG PAUD ,FKIP,UWGM
  • Andi Aslindah PG PAUD,FKIP,UWGM
  • Esther Kuth PG PAUD ,FKIP,UWGM

DOI:

https://doi.org/10.24903/jw.v6i2.774

Abstract

Covid-19  memberikan  dampak  yang  buruk  bagi  kehidupan manusia.  Segala  aktivitas  menjadi  terhambat  dan  terbatas. Begitu  pula  di  bidang  pendidikan.  Anak – anak   harus  belajar  dan melakukan aktivitasnya di rumah. Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui bagaimana peran orang tua dalam pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai media pengembangan kreativitas anak usia dini di masa pandemi, 2) Untuk mengetahui apakah aktivitas belajar anak di rumah yang didampingi oleh orang tua mampu mengembangkan kreativitas dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai medianya. Namun dalam hal pengerjaan tentunya peran orang tua juga sangat dibutuhkan untuk memberikan arahan-arahan kepada anaknya. Karena peran orang tua tersebut dapat meningkatkan kreativitas anaknya, selain meningkatkan kreativitas anak orang tua dapat membimbing anaknya dengan menemukan hal-hal baru di lingkungan sekitarnya sebagai media belajar, anak dapat berkreativitas didalam rumah dengan suasana yang tidak membosankan, dengan begitu anak tersebut dapat menahan diri agar tidak bermain diluar rumah untuk mencegah penyebaran Covid-19, maka dari itu, diharapkan para guru alangkah baiknya memberikan arahan kepada orang tua untuk mendampingi anaknya di rumah untuk belajar dan membantu anak mengembangkan kreativitas dan pelajaran lainnya. Karena selama pandemi peran orang tua sangat dibutuhkan, dengan begitu anak tersebut tidak bermain keluar rumah dan tetap menjalani protokol kesehatan seperti yang dianjurkan pemerintah, hal tersebut secara tidak langsung dapat memutus rantai penularan Covid-19. Penelitian  ini  menggunakan  metode penelitian  kualitatif.subjek penelitian ini adalah orang tua .Data yang diperoleh dengan cara menyebar kuisioner kepada orang tua melalui whatsapp. Dan diperkuat juga dengan data wawancara terhadap orang tua anak dan guru. proses analisis data menggunakan analisis miles & Hubberman dengan triangulasi data, Pengamatan meliputi :(1) Metode pengamatan berperanserta (observasi partisipatif), sebagai tehnik utama untuk mengumpulkan data. (2) Metode wawancara mendalam yang dilakukan terhadap orang tua dan guru dalam pengumpulan data yang berhubungan dengan pelaksanaan. (3) Metode dokumentasi sebagai penunjang untuk memperoleh data di lapangan. Tekhnik analisis data yaitu data yang diperoleh dari berbagai sumber baik dari pengamatan, catatan lapangan, dan wawancara. Hasil  penelitian  ini  menunjukkan  adanya  peran orang tua dalam pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai media pengembang kreativitas anak usia dini di masa pandemi,  Dalam hubungan anak dan orang tua  yang cukup  baik  selama  pembelajaran  dari  rumah  yaitu bersama sama dalam melakukan aktivitas yang positif dalam masa pandemi.

Kata Kunci Peran orang tua ; Kreativitas ; anak usia dini

Downloads

Published

2021-09-29

How to Cite

Ardiana, R. ., Aslindah, A., & Kuth, E. . (2021). PERAN ORANG TUA DALAM PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR SEBAGAI MEDIA PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DIMASA PANDEMI. Jurnal Warna : Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 6(2), 91–100. https://doi.org/10.24903/jw.v6i2.774

Issue

Section

Articles