ANALISIS NILAI-NILAI KARAKTER PADA BUKU SISWA KURIKULUM 2013 KELAS III SEKOLAH DASAR

Authors

  • Siska Oktaviani Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.24903/pm.v7i2.1155

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kesesuaian nilai-nilai karakter pada buku siswa kelas III kurikulum 2013 Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian analisis isi (content analysis). Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei hingga Juli 2022. Penelitian ini menganalisis buku siswa kurikulum 2013 kelas III SD/MI semester 2 terbitan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia revisi 2018 yang terdiri dari 4 tema. Penelitian ini berfokus pada kata/kalimat/paragraf yang mengandung nilai-nilai karakter sesuai dengan PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) dalam buku siswa. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan instrumen pendukung berupa pedoman analisis buku siswa. Proses penelitian ini dilakukan dalam teknik analisis data terdiri dari 3 tahap yaitu pereduksian data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh informasi bahwa buku siswa kurikulum 2013 kelas III sekolah dasar semester 2 revisi 2018 sudah memuat penguatan pendidikan karakter (PPK) walaupun dengan frekuensi kemunculan yang berbeda-beda di setiap tema. Berdasarkan hasil analisis pada semua tema, nilai karakter dengan frekuensi kemunculan tertinggi adalah nilai karakter nasionalis, kemudian nilai karakter gotong royong, lalu nilai karakter mandiri, selanjutnya nilai karakter integritas dan frekuensi nilai karakter dengan kemunculan terendah adalah nilai karakter religius.

Kata kunci: nilai karakter, buku siswa, kurikulum 2013

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Oktaviani, S. (2022). ANALISIS NILAI-NILAI KARAKTER PADA BUKU SISWA KURIKULUM 2013 KELAS III SEKOLAH DASAR. Pendas Mahakam : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(2), 101–105. https://doi.org/10.24903/pm.v7i2.1155

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)