ANALISIS KEMITRAAN GURU DAN ORANG TUA SISWA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN PADA SISWA KELAS IVA DI SDN 023 SAMARINDA UTARA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menngetahui kemitraan guru dan orang tua dalam pembentukan karakter disiplin pada siswa kelas IVA SDN 023 Samarinda Utara. Kerjasama dengan orang tua guna membentuk karakter disiplin siswa. Upaya yang dilakukan guru antaranya komunikasi guru dan orang tua, mengadakan pertemuan dengan orang tua dan kunjungan guru kerumah peserta didik. Pelaksanaan kerjasama guru dan orang tua dalam meningkatkan kedisiplinan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemitraan guru dan orang tua dalam pembentukan karakter disiplin. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari guru kelas IVA, tiga orang tua murid kelas IVA dan kepala sekolah SDN 023 Samarinda Utara. Teknik pengumpulan data dan instrument dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Dalam menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian pada guru, orang tua dan kepala sekolah menunjukan bahwa kerjasama guru dan orang tua dalam pembentukan karater disiplin pada siswa kelas IVA SDN 023 Samarinda Utara sudah berjalan cukup baik namun terkadang ada gendala yang dirasakan oleh guru ketika sekolah mengundang orang tua kesolah untuk mengadakan pertemuan membahas masalah siwa ataupun kegiatan di sekolah terkadang orang tua tidak segera memenuhi panggilan tersebut.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.