PENINGKATAN AKTIVITAS, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPENUMBERED HEADS TOGETHER PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 009 SAMARINDA ULU

  • Siska Oktaviani Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
Abstract views: 358 , PDF downloads: 192

Abstract

This research is a classroom action research conducted in SDN 009 Samarinda Ulu Academic Year 2016/2017. The subjects were students of class IV of 39 students consisting of 17 male students and 22 female students. The purpose of this study to increase the activity, motivation and learning outcomes mathematics using cooperative learning type Numbered Heads Together. The experiment was conducted on three cycles, each cycle consisting of four phases: planning, implementation, observation and reflection. Data collection techniques used were observation, test and documentation with instruments such as observation sheets, a booklet and school documentation. Data activity and motivation acquired through observation, while learning outcomes data obtained through student worksheets and tests end of the cycle. Data were analyzed using the final value formula, formula and formula average percentage

References

Anonim, Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru.

Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar - dasar Evaluasi Pendidikan.Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Firdaus, Ahmad Zuhdi. 2010. Menjadi Guru Idola. Yogyakarta: Gen-K Publiser.

Ishabu, La Suha. 2013. The Improve Learning Result and Creativity Student to Lesson Operation Count Numbers Through Cooperative Lerning Type NHT in Class IV SD District 63 Ambon-Indonesia. (http:www.iiste.org/Journals/index.php/MTM/article/viewFile/5868/5983, diakses 2 Januari 2017).

Isjoni, H. 2011. Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran kelompok. Bandung: Alfabeta.

Lie, Anita. 2008. Kooperatif Learning. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Natawijaya, Rochman. 2005. Pengertian Aktivitas Belajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Paramudita, Zaga. 2015. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Bangun Datar Sederhana melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT pada Siswa Kelas III SDN 020 Samarinda Ilir Tahun Pembelajaran 2014/2015. Skripsi Tidak Diterbitkan.

Prihandoko. 2006. Pemahaman dan Penyajian Konsep Matematika Secara Benar Dan Menarik. Jakarta: Dediknas.

Rohmah, Naili., Rustino & Achmad Rafi’i. 2016. Cooperative Leraning Model as Mathematic Concept Introduction for Early Childhood. (http://www.e-jurnal.com/2016/07/cooperative-learning-model-as.html, diakses 2 Januari 2017)

Ruseffendi, E.T. 2005. Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksata Lainnya. Bandung: Tarsito.

Sardiman, A.M. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sudjana, Nana. 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudijono, Anas. 2009. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Suparlan. 2008. Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan. Bandung: Armico.

Trianto. 2014. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Wahyudi., Mujiyemsapti & Wharyanti Ika P. 2013. Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Menggunakan Mind Mapping dalam Quantum Learning terhadap Prestasi Belajar. (http:www.e-jurnal.com/2016/06/eksperimentasi-pembelajaran-matematika 33.html, diakses 2 Januari 2017).

Zani, Erni., I Komang Winatha & Teddy Rusman. 2013. Pengaruh Pemberian Motivasi Belajar oleh Guru, Kemandirian Belajar dan Pemanfaatan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar. (http://www.e-jurnal.com/2015/09/pengaruh-pemberian-motivasi-belajar.html, diakses 2 Januari 2017).

Published
2018-09-01
How to Cite
OktavianiS. (2018). PENINGKATAN AKTIVITAS, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPENUMBERED HEADS TOGETHER PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 009 SAMARINDA ULU. PENDAS MAHAKAM: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 139-150. Retrieved from https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/239
Section
Articles