PENTINGNYA PENGGUNAAN ICE BREAKING TERHADAP FOKUS BELAJAR SISWA KELAS VD DI SDN 012 SAMARINDA ULU TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023

Authors

  • Ratna Khairunnisa Universitas Widya Gama Mahakan Samarinda
  • Euis Kusumarini Universitas Widya Gama Mahakan Samarinda
  • Adinda Riyandana Universitas Widya Gama Mahakan Samarinda

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peentingnya penggunaan Ice Breakin terhadap fokus belajar siswa di kelas VD di SDN 012 Samarinda Ulu. Jenis penelitian ini ialah kualitatif deskriptif dengan subjeknya yakni guru kelas VD serta siswa kelas VD. Teknik pengumpulan data yang dipakai ialah observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti menguji keabsahan data memakai model Miles dan Huberman berupa pengumpulan data, reduksi, penyajian serta penarikan kesimpulan. Sebelum menggunakan Ice Breaking, siswa kurang fokus dan kurang antusias mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas sehingga mengurangi efektifitas proses pembelajaran. Oleh karena itu, sebagai seorang guru memerlukan adanya penggunaan Ice Breaking dalam proses pembelajaran karena berperan penting untuk membantu siswa agar dapat kembali fokus dalam belajar serta dapat membangun kembali suasana belajar yang lebih santai dan menyenangkan selama proses pembelajaran. Ice Breaking yang dipakai ialah berbasis menyanyi dan tepuk tangan. Tepuk tangan terbagi menjadi beberapa bagian yakni tepuk fokus, tepuk semangat, tepuk konsentrasi, tepuk 1, 2, 3 dan tepuk delman.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Khairunnisa, R., Kusumarini, E., & Riyandana, A. (2023). PENTINGNYA PENGGUNAAN ICE BREAKING TERHADAP FOKUS BELAJAR SISWA KELAS VD DI SDN 012 SAMARINDA ULU TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023. Pendas Mahakam : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(1), 50–54. Retrieved from https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/1363

Issue

Section

Articles