MENINGKATKAN MOTORIK KASAR MELALUI BERMAIN BOLA KELOMPOK B DI TK NUSANTARA KEC. MARANGKAYU TAHUN PEMBELAJARAN 2017 / 2018

Authors

  • Rini Andriani Widya Gama Mahakam University
  • Hanita Hanita Widya Gama Mahakam University

DOI:

https://doi.org/10.24903/jw.v1i1.177

Abstract

Permainan bola futsall dapat memberikan pengaruh terhadap perkembangan fisik motoric anak melalui observasi untuk mengetahui pembelajaran tematik dengan suatu permainan. Dengan bermain ( bermain bola futsal ) diharapkan dapat meningkatkan kemampuan anak dalam menggunakan otot – otot besarnya dan permainan ini dapat memberikan wawasan anak terhadap suatu permainan yang ada dimasyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah guru dalam menerapkan metode bermain bola futsal dapat ,meningkatkan motodrik kasar anak di TK Nusantara Marangkayu pada tahun ajaran 2017 -2018 atau tidak. Penelitian ini delakukan dengan tindakan kelas dengan metode kualitatif dan kwantitatif. Subjek penelitiannya anak didik kelompok B TK. Nusantar 14 anak . Teknik analisa data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode ermainan bola dapat meningkatkan motoric kasar anak di TK.Nusantara pada tahun ajaran 2017 -2018. Hal ini dibuktikan peningkatan pencapaian motoric anak didik melalui bermain futsal .Berdasarkan siklus I rerata ketuntasan adalah 28,57% . Dari 14 anak didik yang sudah mencapai kemampuan maksimal berkembang sangat baik 83,33%. Siklus II rerat ketuntasan menjadi 83,33%. Dari 14 anak didik yang sudah mencapai kemampuan maksimal. Bermain bola dapat meningkatkan motorik kasar anak hal ini dibuktikan dengan hasil pengamatan pada keaktifan anak dan kelincahan dalam bermain bola.

References

Aqib Zainal, 2009, Penulisan Tindakan Kelas, Jakarta Irama Widya

Cucu Eliyawati, (2005) Penilihan dan Pengembangan Sumber Belajar Untuk

Anak Usia Dini. Jakarta Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Eko Handayani, Perkembangan Fisik Motorik Modul PGTK Jakarta.

Haldayanti,Rini, 2007, Psikologi Perkembangan Anak , Universitas Terbuka Jakarta

Kemendikbud, 2015, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 146 tentang Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Jakarta,

Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Liana Happy, 2014. Metode Bermain Modul Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda.

Partini (2010), Pengantar Anak Usia Dini. Yogyakarta Grafindo Litera Media.

Rini Handayani .2004, Psikologi Perkembangan Anak , Jakarta UT.

Sujiono,Bambang, 2005. Materi Pokok Metode Pengembangan Fisik Motorik, Jakarta UT.

Suyadi, 2010, Spikologi Belajar Pendidikan Anak Usia Dini Yogyakarta.Padagogia

Downloads

Published

2018-01-17

How to Cite

Andriani, R., & Hanita, H. (2018). MENINGKATKAN MOTORIK KASAR MELALUI BERMAIN BOLA KELOMPOK B DI TK NUSANTARA KEC. MARANGKAYU TAHUN PEMBELAJARAN 2017 / 2018. Jurnal Warna : Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 1(1), 61–73. https://doi.org/10.24903/jw.v1i1.177

Issue

Section

Articles