PENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MENGANYAM DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA SEDOTAN PADA ANAK KELOMPOK A DI PAUD AZ-ZAITUN GENTING TANAH TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019

Rusni - Rusni* -  , Indonesia
Andi - Aslindah -  , Indonesia
Mahkamah - Brantasari -  , Indonesia

The researcher conducted a classroom action research in Az-zaitun Genting Tanah pre-school to improve students’ fine motor skill through weaving. Fourteen students who age four to five years old (seven males and seven females) were involved as the research subjects. Moreover, in collecting data the researcher applied two cycles. The data was analyzed statistically in form of percentage. Having analyzed the data, there is found a significant increase on students’ fine motor skill. At the first cycle, 44% students reached the passing grade and then increased into 80% in cycle 2. Therefore, it can be concluded that learning through weaving is effective to improve students’ fine motor skill, especially in Group A at Az-zaitun Genting Tanah Pre-school.

  1. Arikunto, 2106. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara
  2. Augusta. 2012. Pengertian Anak Usia Dini. Diakses dari http://infoini.com/pengertian/anak/usia/dini pada tanggal 23 januari 2018
  3. Bambang, Sujiono. 2005. Metode Pengembangan Fisik. Jakarta: Universitas Terbuka.
  4. Hajar et al. 2008. Seni Keterampilan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.
  5. Maria, J. Wantah. 2005. Pengembangan Disiplin dan Pembentukan Moral Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.
  6. Martha, Christianti. TT. Bab IV Menganyam Untuk Anak Usia Dini. Diakses dari : http://staff.uny.ac.id/si /penelitian/MarthaChristianti,%20 Pada tanggal 20 Januari 2018, Pukul 08.08 WIB.
  7. Hidayah, Nur. 2016. Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menganyam pada Anak Kelompok A2 Di TK PKK 30 Mulyorini,Surobayan Agromulyo Sedayu Bantul.
  8. Diakses dari http://eprints.uny.ac.id/15445/1/SKRIPSI.pdf pada tanggal 21 januari 2018 pukul 12.00 WIB Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 58 Tahun 2009
  9. Purwanto 2011. Statistika Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  10. Slamet, Suyanto. 2005. Dasar - Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta : Hikayat Publish
  11. Sukamti, Rini Endang. 2007. Diktat Perkembangan Motorik. Yogyakarta: FIK Universitas Negeri Yogyakarta.
  12. Sumantri, 2005. Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
  13. Ningsih, U. Ninik. 2017. Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Menganyam Dengan Berbagai Media pada Kelompok A2 TK Sultan Agung Ngaglik. Diakses dari http://www.e-jurnal.com/2015/06/peningkatan-kemampuan-motorik-halus_12.html pada tanggal 20 Januari 2018.
  14. Suwarsih, Madya. 2007. Teori dan Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta.
  15. Undang –undang Nomor 23 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
  16. Wina, Sanjaya. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.
  17. Widya, Universitas and Gama Mahakam. 2017. “MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI KEGIATAN KOLASE DENGAN BAHAN BULU AYAM DI TK TUNAS HARAPAN.” 16–24.

Article Info
Submitted: 2019-08-15
Published: 2019-08-15
Section: Articles
Article Statistics: 4