ANALISIS PENGELOLAAN KELAS DI KELAS IV SD NEGERI 008 SAMARINDA ULU TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023

Authors

  • Nur Agus Salim Universitas Widya Gama Mahakan Samarinda
  • Hani Subakti Universitas Widya Gama Mahakan Samarinda
  • Yulvina Khairunnisa Universitas Widya Gama Mahakan Samarinda
  • Abdul Rohman Universitas Widya Gama Mahakan Samarinda
  • Taufik Hidayat Universitas Mulawarman

Abstract

Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi dan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman observasi, pedoman wawancara dan pedoman dokumentasi. Jenis triagulasi yang digunakan adalah triagulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan di SD Negeri 008 Samarinda Ulu tentang pengelolaan kelas di kelas IV ditemukan bahwa kemampuan guru dalam pengelolaan kelas harus kreatif untuk menciptakan kondisi kelas yang kondusif dan nyaman untuk melaksanakan kegiatan belajar pengelolaan kelas yang di lakukan guru kelas IV merupakan guru yang kreatif dalam mengelola kelas. terlihat bahwa guru selalu melengkapi administrasi kelas berupa modul ajar sampai dengan jadwal pelajaran, selain itu juga mengajak siswa untuk kreatif dalam mengatur ruang kelas dan tempat duduk dengan baik sehingga peserta didik merasa nyaman berada di ruang kelas dengan guru melakukan pengelolaan kelas yang baik bisa memberikan pengaruh besar untuk motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 008 Samarinda Ulu.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Salim, N. A., Subakti, H., Khairunnisa, Y., Rohman, A. ., & Hidayat, T. . (2023). ANALISIS PENGELOLAAN KELAS DI KELAS IV SD NEGERI 008 SAMARINDA ULU TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023. Pendas Mahakam : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(1), 38–49. Retrieved from https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/1362

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>