Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penguasaan kompetensi pedagogic mahasiswa PGSD UWGM yang di Sekolah Dasar. Penelitian   ini   merupakan  penelitian  kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sesuai dengan metode kualitatif, teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis Model Miles and Huberman. Aktivitas dalam analisis ini meliputi reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) serta Penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusion drawing  / verification). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik mahasiswa PGSD angkatan 2015 Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda sangat baik yaitu sebesar 92%.

Article Details

How to Cite
HermawatiD., & HandayaniE. S. (2020). ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK MAHASISWA FKIP PGSD UNIVERSITAS WIDYAGAMA MAHAKAM SAMARINDA 2018. PENDAS MAHAKAM: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar , 4(1), 18-21. https://doi.org/10.24903/pm.v4i1.392

References

  1. Arifin. 2011. Kompetensi Guru dan Strategi Pengembangannya. Jakarta: Lilin Persada Press
  2. Buchori, M., 2009. Evolusi Pendidikan di Indonesia. Yogyakarta: INSIST Press
  3. Bungin, B., 2005. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana
  4. Kunter, M., 2013. Professional Competence of Teachers: Effects on Instructional Quality and Student Development. Journal of Educational Psychology. [Online]. Diakses di http://www.researchgate.net/publication (8 Oktober 2018).
  5. Liakopoulou, M., 2011. The Professional Competence of Teachers: Which Qualities, Attitudes, Skills and Knowledge Contribute to a Teacher’s Effectiveness?. International Journal of Humanities and Social Science. Vol. 1 No. 21. [Online]. Diakses di http://www.ijhssnet.com/journal/vol_1_No_21 (8 Oktober 2018).
  6. Buck Institute for Education. Introduction to Project Based Learning. [Online]. Diakses di http://www.bie.org/about/what_pbl (20 Desember 2017).
  7. Nurdin, S. Dan Adriantoni. 2016. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
  8. Priansa, D.J. 2014. Kinerja dan Pedagogikisme Guru. Bandung: Alfabeta.
  9. Rivai, V., dan Murni, S., 2012. Education Management, Analisis Teori dan Praktik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  10. Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  11. Sukmadinata, N.S. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.
  12. Sutrisno, E. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana
  13. Suyanto dan Djihad, A. 2013. Bagaimana Menjadi Calon Guru dan Guru Pedagogik. Yogyakarta: Multi Pressindo.