ANALISIS KOMPETENSI SOSIAL MAHASISWA FKIP PGSD UNIVERSITAS WIDYAGAMA MAHAKAM SAMARINDA 2018

Desi Hermawati* -  Widya Gama Mahakam Samarinda University, Indonesia
Eka Selvi Handayani -  Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda, Indonesia

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kompetensi sosial mahasiswa PGSD UWGM sebagai calon guru di Sekolah Dasar. Penelitian   ini   merupakan  penelitian  kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa PGSD Universitas WIdya Gama Mahakam Samarinda angkatan 2015. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sesuai dengan metode kualitatif, teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis Model Miles and Huberman. Aktivitas dalam analisis ini meliputi reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) serta Penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusion drawing  / verification). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman mengenai kompetensi social mahasiswa PGSD sangat baik yaitu 91,9%. 89% mahasiswa menyatakan setuju bahwa seorang guru harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang efektif, empatik dan santun pada sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua dan masyarakat. 95,7% mahasiswa setuju bahwa guru harus mampu berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan sesama pendidik dan tenaga kependidikan. Sedangkan 90,9% mahasiswa setuju bahwa guru harus mampu berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan orang tua/wali peserta didik dan masyarakat sekitar.

  1. Arifin. 2011. Kompetensi Guru dan Strategi Pengembangannya. Jakarta: Lilin Persada Press
  2. Buchori, M., 2009. Evolusi Pendidikan di Indonesia. Yogyakarta: INSIST Press
  3. Bungin, B., 2005. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana
  4. Kunter, M., 2013. Professional Competence of Teachers: Effects on Instructional Quality and Student Development. Journal of Educational Psychology. [Online]. Diakses di http://www.researchgate.net/publication (8 Oktober 2018).
  5. Liakopoulou, M., 2011. The Professional Competence of Teachers: Which Qualities, Attitudes, Skills and Knowledge Contribute to a Teacher’s Effectiveness?. International Journal of Humanities and Social Science. Vol. 1 No. 21. [Online]. Diakses di http://www.ijhssnet.com/journal/vol_1_No_21 (8 Oktober 2018).
  6. Buck Institute for Education. Introduction to Project Based Learning. [Online]. Diakses di http://www.bie.org/about/what_pbl (20 Desember 2017).
  7. Nurdin, S. Dan Adriantoni. 2016. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  8. Priansa, D.J. 2014. Kinerja dan Sosialisme Guru. Bandung: Alfabeta.
  9. Rivai, V., dan Murni, S., 2012. Education Management, Analisis Teori dan Praktik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  10. Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  11. Sukmadinata, N.S. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.
  12. Sutrisno, E. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana
  13. Suyanto dan Djihad, A. 2013. Bagaimana Menjadi Calon Guru dan Guru Sosial. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2020-01-13
Published: 2020-01-13
Section: Articles
Article Statistics: