PENINGKATAN KEMANDIRIAN ANAK USIA 4 – 5 TAHUN MELALUI METODE MENDONGENG DENGAN MEDIA BONEKA JARI DI TK PELANGI TENGGARONG SEBERANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

  • Jumani Jumani Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • Mahkamah - Brantasari Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
Abstract views: 371 , PDF downloads: 845

Abstract

This research aims to find out how to improve the independence of children aged 4-5 years through the method of storytelling with finger puppets in TK Pelangi Tenggarong Seberang in periode 2016/2017. This type of research using class action research methods (PTK) implemented in three cycles. The object of this research totalled 16. The data collection technique used was the observation that in the form of sheet of ebservations and documentation of the teacher and the student, while the results were analyzed using a quantitative descriptive method. The results of the analysis of the data indicates that an increase in cycle I became of 30.99% with. Cycle II increased to 58.86% with. Then in cycle III rose to 85.41% with appropriate expectations and growing category is growing very well. Conclusion on studies, that the application of the method of storytelling with finger puppets can increase self-sufficiency in children aged 4-5 years old in TK Pelangi about 77,60%.

References

Abdul, Muhammad Latif. 2014. Mendongeng Mudah dan Menyenangkan. Jakarta Timur: Luxima Metro Media. Hal. 3

Anonim. 2012. Boneka Jari menghidupkan imajinasi si kecil. http://news.liputan6.com/read/4193 66/boneka-jari-hidupkan-imajinasisi-kecil (diakses : 4 Oktober 2016 19:30)

Aqib, Zainal. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Yrama Widya. Hal. 8

Arbya, Nety 2011. Membentuk Kemandirian Anak. [online]. Tersedia : http://mamahebat.wordpress.com/2 011/01/05/membentukkemandirian-anak/ (diakses : 15 September 2016 01:34)

Asrori, Mohammad. 2008. Psikologi Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima. Hal. 130

Azzet, Akhmad Muhaimin. 2014. Mengembangkan Kecerdasan Sosial bagi Anak. Jogjakarta: Katahati. Hal. 30

Departemen Pendidikan Nasional. 2010. Kurikulum Taman Kanak-kanak (Pedoman Pengembangan Program Pembelajaran di Taman Kanak-kanak). Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pembinaan Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar. Hal. 3

Departemen Pendidikan Nasional. 2004. Kurikulum 2004 Taman Kanakkanak dan Raudlatul Athfal. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah. Hal. 1

Hidayat, O.S,. 2007. Metode Pengembangan Moral dan Nilainilai agama. Jakarta: Universitas Terbuka. Hal. 4.12

Hildayani, Rini., dkk. 2012. Materi Pokok Psikologi Perkembangan anak. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka. Hal. 4.3

Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Hal. 44

Lie, Anita dan Sarah Prasasti. 2004. Menjadi Orang Tua Bijak 101 Cara Membina Kemandirian dan Tanggung Jawab Anak. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. Hal. 44

Madyawati, Lilis. 2016. Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Prenamedia. Hal 144

Montolalu. 2014. Bermain Dan Permainan Anak. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka. Hal. 1.10

Pangastuti, Ratna. 2014. Edutainment Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Hal. 15

Purwanto, Ngalim. 2006. PrinsipPrinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Rosda Karya. Hal. 102

Sabariah, Lusiana. 2016. Mari Mendongeng Panduan Belajar

Mendongeng. Yogyakarta: Zora Book. Hal. xvii

Satibi H., Otib. 2012. Materi Pokok Metode Pengembangan Moral dan Nilai-nilai Agama. Jakarta :Universitas Terbuka. Hal. 4.17

Sidharto, Suryati., dkk. 2007. Sosial Life Skill untuk Anak Usia Dini Modul 3 Pengembangan Kebiasaan Positif. Yogyakarta: Tiara Wacana. Hal. 16

Soefandi, Indra. 2009. Strategi Mengembangkan Potensi Kecerdasan Anak. Jakarta: Bee Media Indonesia. Hal. 7

Surya, Hendra. 2003. Kiat Mengajak Anak Belajar dan Berprestasi. Jakarta: Elex Media Komputindo. Hal. 114

Suryana, Dadan. 2013. Materi Pokok Dasar-dasar Pendidikan TK. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka. Hal. 1.3

Syaodih, Ernawulan. (2005). Bimbingan di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi. Hal. 31

Wibowo, Agus. 2013. Strategi Membangun Karakter di Usia Emas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Hal. 1

Yamin, Martinis. 2010. Panduan Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Gaung Persada Press. Hal. 4

Zaman, Badru. 2014. Materi Pokok Media dan Sumber Belajar. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka. Hal. 7.20

Published
2018-01-18
How to Cite
JumaniJ., & BrantasariM.-. (2018). PENINGKATAN KEMANDIRIAN ANAK USIA 4 – 5 TAHUN MELALUI METODE MENDONGENG DENGAN MEDIA BONEKA JARI DI TK PELANGI TENGGARONG SEBERANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Jurnal Warna : Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 1(2), 1-14. https://doi.org/10.24903/jw.v1i2.179
Section
Articles