PROFESSIONAL COMPETENCE ANALYSIS OF ELEMENTARY SCHOOL EDUCATION TEACHER OF WIDYAGAMA MAHAKAM SAMARINDA UNIVERSITY’S STUDENT

Desi Hermawati* -  Widya Gama Mahakam Samarinda University, Indonesia
Eka Selvi Handayani -  , Indonesia

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penguasaan substansi keilmuan mahasiswa PGSD UWGM yang terkait dengan bidang studi di Sekolah Dasar. Penelitian   ini   merupakan  penelitian  campuran (mixed method) dengan jenis penelitian survey. Penelitian ini menggunakan statistik deskriptif melalui diagram, mean, modus, frekuensi dan persentase. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, tes pengetahuan akademik dan dokumentasi. Sesuai dengan metode kualitatif, teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis Model Miles and Huberman. Aktivitas dalam analisis ini meliputi reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) serta Penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusion drawing  / verification). Sedangkan teknik analisis data kuantitatif menggunakan statistik deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil tes pengetahuan akademik mahasiswa PGSD sangat rendah jauh dibawah KKM siswa SD yaitu 70. Rata-rata nilai tertinggi ditunjukkan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yaitu 42,3 sedangkan rata-rata nilai terendah ditunjukkan pada mata pelajaran Matematika yaitu 24,3 dan Bahasa Inggris yaitu sebesar 30,3. Kemudian nilai rata-rata mata pelajaran IPA 37,6, IPS 40,7, dan PKn 40,8. Secara keseluruhan rata-rata nilai tes akademik pada 6 bidang studi yang diujikan pada mahasiswa menunjukkan hasil yang rendah yaitu sebesar 36 meskipun pada beberapa mahasiswa secara individu menunjukkan nilai yang baik. Sedangkan tes kompetensi profesional menunjukkan hasil sebesar 89,3%. Dengan demikian secara teori mahasiswa PGSD Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda memiliki pemahaman kompetensi profesional yang baik.

 

Kata Kunci: Kompetensi Profesional, Mahasiswa PGSD

  1. Arifin. 2011. Kompetensi Guru dan Strategi Pengembangannya. Jakarta: Lilin Persada Press
  2. Buchori, M., 2009. Evolusi Pendidikan di Indonesia. Yogyakarta: INSIST Press
  3. Bungin, B., 2005. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana
  4. Kunter, M., 2013. Professional Competence of Teachers: Effects on Instructional Quality and Student Development. Journal of Educational Psychology. [Online]. Diakses di http://www.researchgate.net/publication (8 Oktober 2018).
  5. Liakopoulou, M., 2011. The Professional Competence of Teachers: Which Qualities, Attitudes, Skills and Knowledge Contribute to a Teacher’s Effectiveness?. International Journal of Humanities and Social Science. Vol. 1 No. 21. [Online]. Diakses di http://www.ijhssnet.com/journal/vol_1_No_21 (8 Oktober 2018).
  6. Buck Institute for Education. Introduction to Project Based Learning. [Online]. Diakses di http://www.bie.org/about/what_pbl (20 Desember 2017).
  7. Nurdin, S. Dan Adriantoni. 2016. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
  8. Priansa, D.J. 2014. Kinerja dan Profesionalisme Guru. Bandung: Alfabeta.
  9. Rivai, V., dan Murni, S., 2012. Education Management, Analisis Teori dan Praktik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  10. Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  11. Sukmadinata, N.S. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.
  12. Sutrisno, E. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana
  13. Suyanto dan Djihad, A. 2013. Bagaimana Menjadi Calon Guru dan Guru Profesional. Yogyakarta: Multi Pressindo

Full Text:
Article Info
Submitted: 2018-10-15
Published: 2019-04-22
Section: Articles
Article Statistics: 64 9