Peran Guru Dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak Pada Siswa Kelas III A DI SDN 017 Sungai Pinang

Authors

  • Euis Kusumarini Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • Hani Subakti Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • Eka Selvi Handayani Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • Chandra Wijaya Jhon Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan Peran Guru Dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak Pada Siswa Kelas III di SD Negeri 017 Sungai Pinang Kota Samarinda Kalimantan Timur Tahun Pembelajaran 2023/2024. Teknik penentuan subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dan teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, pemilihan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Jenis triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber. Hasil penelitian mengenai Peran Guru Dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak Pada Siswa Kelas III di SD Negeri 017 Sungai Pinang Kota Samarinda Kalimantan Timur Tahun Pembelajaran 2023/2024 bahwa peran guru sangat penting dalam meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas III khususnya di kelas III A. Hasil penelitian dilakukan yang dapat disimpulkan bahwa guru tersebut telah berperan sebagai fasilitator, pembimbing, evaluator, dan motivator, akan tetapi dalam meningkatkan keterampilan menyimak siswa terdapat beberapa faktor- faktor yang memengaruhi keterampilan menyimak seperti faktor lingkungan fisik, faktor psikologi, dan faktor fisik

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Kusumarini, E., Subakti, H., Handayani, E. S., & Jhon, C. W. (2024). Peran Guru Dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak Pada Siswa Kelas III A DI SDN 017 Sungai Pinang . Pendas Mahakam : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 9(1), 118–124. Retrieved from https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/1860

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>